Kompas TV regional sumatra

Getaran Gempa Mentawai M 7,3 Dirasakan hingga ke Daerah Sumut

Kompas.tv - 25 April 2023, 04:47 WIB
getaran-gempa-mentawai-m-7-3-dirasakan-hingga-ke-daerah-sumut
Lokasi gempa di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat yang berada di laut 177 KM Barat Laut Kepulauan Mentawai di kedalaman 84 KM, Selasa (25/4/2023). (Sumber: BMKG)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

MENTAWAI, KOMPAS.TV - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,3 mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat pada Selasa (25/4/2023) dini hari.

Laporan Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempat terjadi sekitar Pukul 03.00 WIB. Pusat gempa berada di laut 177 KM Barat Laut Kepulauan Mentawai di kedalaman 84 KM.

BMKG juga memberi peringatan waspada tsunami untuk wilayah Nias Selatan Pulau Tanabala, Sumatra Utara.

"Pemerintah provinsi, kabupaten, kota yang berada pada status waspada diharap memerhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai," tulis peringatan BMKG, Selasa (25/4/2023).

Baca Juga: Peringatan Dini Tsunami, Gempa M 7,3 Guncang Kepulauan Mentawai

Adapun getaran gempa di Pulau Siberut, Pulau Mentawai mencapai VI skala Modified Mercalli Intensity (MMI). Artinya getaran gempa dirasakan semua penduduk dan dapat mengakibatkan kerusakan ringan bangunan.

Sedangkan daerah di Sumatera Barat sepert Kabupaten Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam dan Kota Padang getaran gempa yang dirasakan V MMI, atau dirasakan hampir semua penduduk, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang.

Kemudian Kota Gunung Sitoli, Nias, daerah di Sumatra Barat seperti Kota Padang Panjang, Kabupaten Pesisir Selatan, Lima Puluh Kota, Solok Selatan, Solok, Bukit Tinggi merasakan getaran gempa III MMI.

Getaran gempa III MMI ini dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seakan-akan ada truk berlalu.

Baca Juga: Enam Kali Gempa Susulan Terjadi usai Gempa M7,3 di Mentawai Dini Hari

Selanjutnya getaran gempa Metawai juga dirasakan hingga ke daerah Sumatra Utara (Sumut) yakni Kabupaten Labuhan Batu dan Kota Padang Sidempuan dengan skala II MMI. 

Getaran II MMI ini dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sebelumnya, Minggu (23/4/2023) Pukul 04.17 WIB, Kepulauan Mentawai diguncang gempa dengan magnitudo 6,1. 

Pusat gempa tepat berada di lokasi gempa saat ini, yakni di laut 177 KM Barat Laut Kepulauan Mentawai di kedalaman 19 KM. 

Baca Juga: BMKG Catat Lima Gempa Susulan Guncang Mentawai, Agam, hingga Nias Selatan, Berikut Rinciannya

Saat terjadi gempa BMKG menyatakan tidak berpotensi tsunami. Namun masyarakat tetap diimbau mewaspadai potensi terjadinya gempa susulan.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x