Kompas TV internasional kompas dunia

Sevatospol Diserang dan Drone Ditemukan di Dekat Moskow, Ukraina Makin Berani Serang Balik?

Kompas.tv - 24 April 2023, 23:35 WIB
sevatospol-diserang-dan-drone-ditemukan-di-dekat-moskow-ukraina-makin-berani-serang-balik
Arsip. Seorang tentara Ukraina memantau layar drone dari sebuah pusat komando bawah tanah di Bakhmut, 25 Desember 2022. (Sumber: LIBKOS via AP)

SEVATOSPOL, KOMPAS.TV - Otoritas Rusia di Krimea melaporkan bahwa Ukraina meluncurkan serangan drone ke Sevatospol, ibu kota daerah provinsial yang dianeksasi Rusia tersebut, Senin (24/4/2023). Serangan drone ini disebut berhasil disergap oleh pasukan Rusia.

Pada hari yang sama, media-media Rusia melaporkan sebuah drone Ukraina ditemukan di kawasan hutan dekat Moskow, hanya sekitar 30 kilometer di timur ibu kota Rusia tersebut.

Baca Juga: Kiriman Tank dan Senjata ke Ukraina Diyakini Tak akan Langsung Berdampak pada Perang Lawan Rusia

Insiden drone ini dinilai menunjukkan kapabilitas Ukraina menyerang jauh ke dalam wilayah Rusia seiring rumor bahwa Kiev merencanakan serangan balik untuk merebut daerah-daerah yang diduduki Rusia pada musim semi.

Wali kota Sevatospol versi Rusia, Mikhail Razvozhayev, menyebut dua drone Ukraina berupaya menyerang pelabuhan pada Senin (24/4) dini hari waktu setempat. Satu drone disergap militer Rusia sedangkan satu yang lain meledak, tetapi tidak menimbulkan kerusakan signifikan.

Pihak Ukraina sendiri urung memberikan komentar mengenai insiden drone yang terjadi di Sevatospol dan Moskow. Pemerintahan Volodymyr Zelenskyy umumnya enggan mengakui pertanggungjawabannya, tetapi menekankan militer Ukraina berhak menyerang target-target tertentu untuk merespons agresi Rusia.

Terkait rencana serangan balik, Associated Press melaporkan pasukan Ukraina telah menaruh garnisun di Oleshky, sisi timur Sungai Dnieper. Pasukan ini diduga dikumpulkan untuk meluncurkan serangan balik.

Kalangan pengamat meyaini bahwa Ukraina kemungkinan bakal menyerang wilayah selatan Kherson dan Zaporizhzhia yang diduduki Rusia. Jika serangan ini berhasil, Ukraina akan memutus koridor darat yang menghubungkan Krimea dengan Rusia.

Baca Juga: Putra Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov Gabung Tentara Bayaran Rusia Wagner untuk Perang di Ukraina

 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x