Kompas TV nasional peristiwa

Dari Kucing Oyen sampai Baju Gorden, Ini 4 Hal Menarik dari Poster Ucapan Idulfitri Jokowi

Kompas.tv - 22 April 2023, 17:29 WIB
dari-kucing-oyen-sampai-baju-gorden-ini-4-hal-menarik-dari-poster-ucapan-idulfitri-jokowi
Poster ucapan Idulfitri Jokowi. (Sumber: Instagram @jokowi)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Akun Instagram Presiden Joko Widodo @jokowi menampilkan unggahan sebuah poster ucapan selamat Idulfitri. Poster yang diunggah pada Sabtu (22/4/2023) sekitar pukul 08.00 WIB itu mendapat respons dan ribuan komentar dari warganet.

Poster Idulfitri Jokowi bukan sekadar berisi ucapan normatif. Poster itu justru berisi ilustrasi beragam jenis orang di Indonesia ketika merayakan Lebaran di kampung halaman.

Bukan sekadar representasi aktivitas masyarakat yang merayakan Lebaran, poster itu kian menggelitik dengan sejumlah ilustrasi yang relevan dengan kearifan lokal hingga hal-hal yang viral di media sosial.

Baca Juga: Jokowi Jalan Bersama Jan Ethes dan La Lembah pada Malam Takbir di Solo

Lantas, apa saja hal-hal unik yang tertangkap dalam poster ucapan Idulfitri Jokowi?

1. Kucing Oyen Bergaya Mr Bean

Dalam poster ucapan Idulfitri Jokowi, terdapat ilustrasi kucing oren atau oyen yang duduk bersandar di sebuah sofa yang terletak di atap mobil. Sofa itu diikat di atap mobil warna kuning dan di sebelahnya terdapat tongkat pel.

Adegan itu mirip dengan salah satu episode Mr Bean. Ketika itu, Mr Bean mengendarai mobilnya yang berwarna serupa dari sofa yang terikat di atap mobil dengan menggunakan tongkat pel.

2. Ibu Mertua Berbaju Kelelawar

Sosok ibu mertua yang sempat viral di media sosial karena minta dibelikan menantunya baju Lebaran juga menjadi salah satu karakter dalam poster ucapan Idulfitri Jokowi. Ibu mertua meminta baju kaftan yang dibeli secara online, namun baju yang datang justru kebesaran.

Ketika dikenakan, ibu mertua tampak seperti kelelawar. Foto ibu mertua itu beredar luas di media sosial.

3. Lelaki Berbaju Gorden

Baca Juga: Setelah Salat Id di Jakarta, Prabowo Subianto Temui Presiden Jokowi di Solo Hari Ini!

Laki-laki yang membuat baju Lebaran dari gorden rumahnya juga muncul sebagai salah satu karakter dalam poster ini. Ia mengenakan gorden berwarna merah muda sebagai baju koko, peci, dan sarung, dengan aksen lipat.

4. Bus Paris-Jogja

Tak ketinggalan, sebuah bus melintas bertuliskan Paris-Jogja juga muncul dalam poster ini. Sebagian orang mungkin bingung mengapa rute bus bisa sangat jauh.

Namun, jika ditarik ke istilah lokal di Yogyakarta, Paris berarti Parangtritis yang berlokasi di Bantul.


 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x