Kompas TV regional sumatra

Meriah, 135 Mobil Hias Lomba Takbir Keliling Jelang Idulfitri di Batam, Perebutkan Hadiah Rp36 Juta

Kompas.tv - 22 April 2023, 04:05 WIB
meriah-135-mobil-hias-lomba-takbir-keliling-jelang-idulfitri-di-batam-perebutkan-hadiah-rp36-juta
Mobil hias dalam pawai takbir keliling tingkat Kota Batam jelang Idulfitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023, Jumat (21/4/2023). (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

BATAM, KOMPAS.TV - Sebanyak 135 mobil hias di Batam, Kepulauan Riau, turut memeriahkan pawai takbir keliling menyambut Idulfitri 1444 Hijriah, Jumat (21/4/2023).

Ketua Panitia Kegiatan Pelaksanaan Idulfitri tingkat Kota Batam, Salim, mengatakan bahwa mobil hias yang mengikuti pawai takbir keliling tersebut berasal dari kecamatan, kelurahan, organisasi perangkat daerah (OPD), dan organisasi Islam di daerah setempat.

"Para peserta yang ambil bagian dalam kegiatan tersebut antara lain dari jajaran FKPD, OPD, camat, lurah, dan instansi vertikal yang ada di Kota Batam," ujar Salim di Batam, Jumat (21/4) dilansir dari Antara.

Rute pawai takbir keliling, jelas dia, dimulai dari Dataran Engku Hamidah menuju Simpang Gelael, Pollux, Kepri Mall, dan berakhir di Bundaran Tembesi. 

Pawai takbir keliling tersebut dilepas langsung oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Pelaksanaan pawai takbir keliling ini juga dilombakan dengan total hadiah Rp36 juta.

"Pawai ini juga dilombakan. Juara 1 mendapatkan Rp12 juta, juara 2 Rp10 juta, juara 3 Rp8 juta, dan juara 4 Rp6 juta," ungkap Salim.

Baca Juga: Gema Takbir di Jakarta, Bali, dan Riau Berkumandang Sambut Idulfitri 1444 Hijriah

Wali Kota Rudi pun mengapresiasi antusiasme masyarakat di daerahnya untuk menyemarakkan pawai takbir keliling ini.

Menurut Rudi, kehadiran masyarakat dalam kegiatan tersebut menjadi bukti atas kebangkitan ekonomi di Kota Batam.

"Kami sangat gembira dan bangga kepada masyarakat Kota Batam yang malam ini ramai hadir di Dataran Engku Hamidah dalam rangka takbiran ini. Kalau sudah ramai berarti masyarakat sudah mulai membangun ekonomi kita semua," jelas dia.

"Atas nama Pemerintah Kota Batam, saya menyampaikan maaf lahir batin. Semoga kita dapat membangun Batam lebih cepat," kata Rudi.

Sementara itu, Polresta Barelang menurunkan ratusan personel untuk pengamanan malam takbiran dan pawai takbiran Idulfitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri mengatakan, pengamanan itu masuk dalam rangkaian Operasi Ketupat Seligi 2023.

Baca Juga: Wakil Presiden Ma'ruf Amin Beri Tiga Pesan Ini pada Malam Takbir Jelang Idulfitri 1444 H

“Kegiatan yang akan dilakukan saat pengamanan yaitu pengamanan objek wisata, pengamanan malam takbiran dan pengamanan pawai takbir,” ujarnya. 

Dia menjelaskan, ratusan personel tersebut ditempatkan atau disiagakan di delapan pos yang tersebar di Kota Batam.

Pos yang disiagakan tersebut terdiri dari pos pengamanan sebanyak dua pos, yakni pos Nagoya Hill dan pos Batam Center. 

Kemudian untuk pos terpadu sebanyak enam pos yakni pos domestik Telaga Punggur, pos roro Telaga Punggur, pos Pelabuhan Domestik Sekupang, pos Bandara Hang Nadim, pos Pelabuhan Batu Ampar dan pos Jembatan I Barelang.


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x