Kompas TV internasional kompas dunia

Rishi Sunak dan Justin Trudeau Ucapkan Selamat Idulfitri, Puji Komunitas Muslim Inggris dan Kanada

Kompas.tv - 21 April 2023, 08:30 WIB
rishi-sunak-dan-justin-trudeau-ucapkan-selamat-idulfitri-puji-komunitas-muslim-inggris-dan-kanada
PM Inggris, Rishi Sunak. Sunak memberikan ucapan Selamat Idulfitri ke Muslim Inggris dan dunia. (Sumber: (AP Photo/Frank Augstein, File)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV - Perdana Menteri (PM) Inggris, Rishi Sunak dan PM Kanada Justin Trudeau mengucapkan selamat Idulfitri terhadap umat Muslim di negaranya dan dunia.

Hal itu diungkapkan keduanya dalam pernyataan resmi, Kamis (20/4/2023).

Sejumlah negara mulai merayakan Lebaran 1 Syawal pada hari ini Jumat (21/4), tetapi juga ada yang merayakannya Sabtu (22/4) besok.

Mereka pun memuji peran komunitas Muslim Inggris dan Kanada serta sumbangsihnya ke negara.

Baca Juga: Selain Indonesia dan Malaysia, Singapura-Brunei Juga Rayakan Lebaran 1 Syawal Sabtu 22 April 2023

“Ketika Ramadan akan berakhir, saya ingin mengirimkan harapan terhangat kepada Muslim di Inggris dan seluruh dunia di saat mereka merayakan Idulfitri,” katanya dikutip dari gov.uk.

Ia mengatakan Idulfitri merupakan kesempatan untuk mengakui nila-nilai yang mengikat secara bersama, teutama belas kasih dan dedikasi umat Muslim untuk berkontribusi dalam amal dan filantropi.

Sunak pun menunjuk respon masyarakat yang luar biasa untuk mendukung korban gempa di Turki dan Suriah.

“Ketika keluarga dan teman datang bersama untuk merayakan, saya memberikan penghargaan atas kontribusi luar biasa yang diberikan komunitas Muslim kepada negara, baik itu dalam bisnis, olahraga, media, layanan public atau tentu saja NHS dan angkatan bersenjata kami,” tuturnya.


 

“Muslim Inggris membantu menjadikan negara ini sukses,” tambah mantan menteri keuangan Inggris tersebut.

Ucapan juga diberikan oleh Trudeau, yang mengungkapkan bahwa bulan sabit yang menunjukkan 1 Syawal sudah terlihat di Kanada.

“Saat penampakan bulan sabit baru, Muslim di Kanada dan seluruh dunia akan merayakan Idulfitri yang merupakan penanda akhir bulan suci Ramadan,” ujarnya dilansir dari Newswire.

Baca Juga: Berbeda dengan Indonesia, Arab Saudi Tetapkan Hari Ini Lebaran

Menurut Trudeau Idulfitri merupakan kesempatan bagi keluarga dan teman untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama, berdoa sebagai komunitas dan juga memberikan sumbangan.

“Ini merupakan waktunya untuk menunjukkan kemurahan hati, rasa syukur, dan kasih saying. Nilai-nilai inti yang ada di jantung Islam,” katanya.

“Pada hari ini kami mengakui kontribusi tak ternilai yang telah diberikan oleh komunitas Muslim di Kanada, dan terus dibuat untuk negara ini,” ujarnya.

“Keanekaragaman budaya Kanada adalah salah satu kekuatan dan sumber kebanggaan terbesar kami,” lanjutnya.



Sumber : gov.uk/Newswire


BERITA LAINNYA



Close Ads x