Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah Malaysia Umumkan Lebaran Idulfitri 1444 H Jatuh pada Sabtu 22 April 2023

Kompas.tv - 21 April 2023, 05:11 WIB
pemerintah-malaysia-umumkan-lebaran-idulfitri-1444-h-jatuh-pada-sabtu-22-april-2023
Ilustrasi bendera Malaysia dan Menara Petronas, untuk Lebaran 2023 jatuh pada Sabtu 22 April di Malaysia (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Deni Muliya

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Pemerintah Malaysia umumkan 1 Syawal Idulfitri 2023 jatuh pada Sabtu 22 April 2023.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Penjaga Segel Besar Para Raja Malaysia Tan Sri Syed Danial Syed Ahmad melalui siaran langsung salah satu stasiun televisi Malaysia yang diikuti dari Kuala Lumpur, Kamis.

“Sesuai dengan perintah Yang di-Pertuan Agong, setelah disetujui Yang Mulia Raja-Raja, dengan ini saya nyatakan bahwa tanggal Hari Raya Puasa telah ditetapkan pada Sabtu, 22 April 2023,” katanya dilansir Antara.

Dengan demikian, seperti yang telah Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim umumkan sebelumnya, Jumat (21/4), menjadi hari libur tambahan untuk Lebaran 2023 di Malaysia.  

Adapun masyarakat umat muslim di negeri Jiran itu kini resmi mendapat empat hari libur, yaitu dari Jumat (21/4) hingga Senin (24/4).

Baca Juga: Tak Hanya di Indonesia, Mudik di Malaysia saat Lebaran Juga jadi Sorotan

Penetapan tanggal Idulfitri di Malaysia didasarkan pada upaya melihat bulan baru di seluruh negeri setelah matahari tenggelam.

Jika tidak terlihat, puasa Ramadhan akan digenapkan 30 hari atau istikmal. Pemerintah Malaysia menggenapkan bulan Ramadan jadi 30 hari.

Upaya melihat hilal tersebut telah dilakukan dengan diawasi oleh komite penampakan bulan dan diketuai oleh mufti masing-masing untuk setiap negara bagian.

Baca Juga: Pemudik dari Malaysia Penuhi Pelabuhan Nusantara di Parepare, Prediksi Terus Terjadi Jelang Lebaran!

Selain itu, upaya melihat bulan baru itu juga dibantu oleh tenaga ahli dari Departemen Survei dan Pemetaan Malaysia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x