Kompas TV nasional hukum

Masyarakat Diminta Tidak Gelar Konvoi saat Malam Takbiran, Kapolri: Kalaupun Ada, Dibatasi

Kompas.tv - 20 April 2023, 21:40 WIB
masyarakat-diminta-tidak-gelar-konvoi-saat-malam-takbiran-kapolri-kalaupun-ada-dibatasi
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers usai melakukan pemantauan arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Kamis (20/4/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepolisian mengimbau masyarakat tidak melakukan konvoi saat malam takbiran Idulfitri 1444 Hijriah. 

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjelaskan konvoi kendaraan saat malam takbiran bisa menggangu pengendara lain. 

Untuk itu, masyarakat diharapkan mengumandangkan takbir di masjid-masjid maupun musala-musala di sekitar tempat tinggal.

"Sedapat mungkin hindari konvoi yang kemudian terlalu jauh bisa menggangu, kalaupun ada dibatasi," ujar Sigit dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga: Kapolri Sebut 40 hingga 50 Persen Pemudik Belum Berangkat

Kapolri menambahkan jika warga ingin menggelar konvoi malam takbiran, sebaiknya menginformasikan aparat kepolisian setempat. 

Menurutnya, di beberapa daerah memiliki tradisi arak-arakan saat malam takbiran. Dengan menginformasikan kegiatan, nantinya aparat dapat mengawal, sehingga tak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

"Apabila dilaksakan takbir di tempat masing-masing tanpa ada konvoi tentunya akan jauh lebih baik dan tentunya silakan untuk koordinasi dengan aparat setempat sehingga kegiatannya pun betul-betul dijaga dan diamankan," ujar Sigit. 

Lebih lanjut Kapolri juga mengimbau jajarannya di daerah mengawasi secara ketat serta melakukan langkah antisipasi agar kegiatan konvoi atau arak-arakan malam takbiran dapat berjalan lancar dan aman. 

Baca Juga: Cerita Sopir Bus AKAP Harus Rela Cuma Mudik Pas Malam Takbiran Demi THR Keluarga

"Tolong jajaran mengawasi secara ketat dan melakukan langkah-langkah sehingga rangkaian malam takbir bisa dilaksanakan dengan baik, dengan khusuk," ujar Kapolri.

Terkait pengamanan salat Idulfitri 1444 H, Kapolri menyatakan pihaknya telah melakukan pemetaan wilayah-wilayah yang akan melaksanakan salat Idulfitri.

Kepolisian juga telah menyiapkan strategi serta langkah-langkah agar seluruh rangkaian Ramadan dan Idulfitri berjalan aman dan kondusif.

"Salat id bisa terlaksana dengan aman dan lancar, seluruh jajaran Polri baik yang terbuka maupun tertutup dalam kondisi siap mengamankan dan mengawal," ujar Sigit.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x