Kompas TV internasional kompas dunia

Informasi Penting Gerhana Matahari Hibrida Hari Ini, Termasuk Link Live Streaming

Kompas.tv - 20 April 2023, 06:15 WIB
informasi-penting-gerhana-matahari-hibrida-hari-ini-termasuk-link-live-streaming
Gerhana Matahari Hibrida terjadi ketika dalam satu waktu fenomena gerhana ada daerah yang mengalami Gerhana Matahari Total dan ada yang mengalami Gerhana Matahari Cincin (tergantung dari lokasi pengamat). Kejadian tersebut disebabkan oleh kelengkungan Bumi. Indonesia mengalami gerhana matahari beberapa kali, tahun 1983 Gerhana Matahari Total, Gerhana Matahari Cincin tahun 2019, dan Gerhana Matahari Total tahun 2016. (Sumber: Time and Date)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gerhana Matahari Hibrida langka akan melintasi bagian terpencil Australia, Indonesia Timur, dan Timor Leste hari Kamis (20/4/2023) seperti yang dilaporkan oleh Associated Press.

Di Jakarta, Gerhana Matahari Hibrida ini diperkirakan akan terlihat sebagian, sementara akan terlihat cukup jelas di jalur lintasan Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Banda, Sorong, hingga Manokwari.

Beberapa orang yang berada di jalur Gerhana Matahari Hibrida ini akan mengalami kegelapan total, sedangkan yang lain akan melihat "cincin api" saat matahari muncul dari balik bulan.

Gerhana Matahari Hibrida ini bernama Gerhana Ningaloo, mengambil namanya dari kata Aborigin. 

Gerhana Matahari Hibrida terjadi ketika dalam satu waktu fenomena gerhana ada daerah yang mengalami Gerhana Matahari Total dan ada pula yang mengalami Gerhana Matahari Cincin, tergantung dari lokasi pengamatan.

Kejadian tersebut disebabkan oleh kelengkungan Bumi. Indonesia sendiri, sudah mengalami gerhana matahari beberapa kali, yaitu pada tahun 1983 terjadi Gerhana Matahari Total, Gerhana Matahari Cincin tahun 2019, dan Gerhana Matahari Total tahun 2016.

Baca Juga: Link Live Streaming Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023, Catat Waktunya!

Gerhana matahari penuh, sebagian dan gerhana matahari cincin. Gerhana Matahari Hibrida terjadi ketika dalam satu waktu fenomena gerhana ada daerah yang mengalami Gerhana Matahari Total dan ada pula yang mengalami Gerhana Matahari Cincin (tergantung dari lokasi pengamat). Kejadian tersebut disebabkan oleh kelengkungan Bumi. Indonesia sendiri, sudah mengalami gerhana matahari beberapa kali yaitu pada tahun 1983 terjadi Gerhana Matahari Total, Gerhana Matahari Cincin tahun 2019, dan Gerhana Matahari Total tahun 2016. (Sumber: Time and Date)

Simak siaran langsung gerhana matahari langka melalui Observatorium Perth, Australia.


Menurut Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Gerhana Matahari Hibrida yang akan terjadi pada 20 April 2023 akan berlangsung selama 3 jam 5 menit mulai dari durasi kontak awal hingga akhir jika diamati dari Biak, dengan durasi fase tertutup total 58 detik.

Sementara itu jika diamati dari Jakarta, durasi dari kontak awal hingga akhir adalah 2 jam 37 menit. Namun jika diamati dari Jakarta, persentase tertutupnya matahari hanya sebesar 39 persen.

Jalur gerhana akan bergerak dari Samudra Hindia ke Samudra Pasifik, sebagian besar melintasi lautan. Bagi yang melihat gerhana total, itu hanya akan berlangsung sedikit lebih dari satu menit.



Sumber : Associated Press/Perth Observatory


BERITA LAINNYA



Close Ads x