Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Tinjau Arus Mudik di Pasar Senen, Erick Thohir: Kereta Harus Bisa Kurangi Beban Jalan Tol

Kompas.tv - 18 April 2023, 11:32 WIB
tinjau-arus-mudik-di-pasar-senen-erick-thohir-kereta-harus-bisa-kurangi-beban-jalan-tol
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Selasa (18/4/2023). (Sumber: Tangkapan layar Breaking News Kompas TV)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri BUMN Erick Thohir meninjau pelaksanaan mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (18/4/2023). Erick didampingi oleh direksi KAI, termssuk Direktur Utama Didiek Hartantyo.

Erick datang ke Stasiun Pasar Senen sekitar pukul 10.00 WIB, kemudian langsung meninjau pelaksanaan arus mudik di stasiun itu. Ia juga berdialog dengan sejumlah calon penumpang yang akan pulang ke kampung halaman.

Erick mengatakan, peran moda transportasi kereta api sangat penting untuk mengurai kepadatan di jalan tol yang dipenuhi bus dan mobil pribadi. 

"Saya mengecek bagaimana kita mengantisipasi pemudik. Karena prediksinya tahun ini ada kenaikan jumlah pemudik hingga 40 juta orang. Kereta api harus jadi solusi untuk mengurangi beban jalan tol yang diisi mobil pribadi dan bus. Itu sudah sangat padat," kata Erick dikutip dari Breaking News Kompas TV.

Baca Juga: Daftar Jalan Tol yang Tarifnya Didiskon 20 Persen Selama Arus Mudik 2023

Erick menyampaikan, pihak KAI sudah memaksimalkan perjalanan kereta jarak jauh hingga 53 tujuan per hari. Kementerian BUMN dan KAI pun berupaya untuk membuat masyarakat tertarik menggunakan kereta api.

Mulai dari melakukan promo "Tepat dan Cepat, penumpang diberikan takjil untuk buka puasa, minuman, hingga memberi tiket promo.

"Kalau enggak diintervensi, dengan kenaikan pemudik hingga 40 juta orang tahun ini, itu akan terjadi stagnansi di jalan," ujar Erick.


 

Pada kesempatan yang sama, Dirut KAI Didiek Hartantyo mengatakan, periode mudik kereta dimulai sejak 14 April hingga 2 Mei mendatang. KAI menyediakan 6,9 juta tiket, terdiri dari 3,1 juta tiket jarak jauh dan 3,8 juta tiket KA lokal. Termasuk KA commuterline dan aglomerasi.

Ia menerangkan, 75 persen atau 2,4 juta tiket KA lokal sudah terjual.

Baca Juga: Tradisi Unik Warga Subang Sapu Koin di Jalan yang Dilemparkan Pemudik, Polisi Ingatkan Keselamatan

"Jadi peningkatan penumpang untuk KA lokal itu tinggi. Kami imbau kepada pemudik untuk merencakanan perjalanannya dengan baik," tutur Didiek.

"Untuk hari ini Stasiun Senen melayani 35 KA dan 19.900 penumpang. Sedangkan Stasiun Gambir ada 34 KA dengan 16.000 penumpang. Besok tanggal 19 naik lagi sampai puncaknya tanggal 21, Gambir dan Senen bisa melayani 40.000 penumpang per hari," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x