Kompas TV nasional hukum

KPK Sita Sejumlah Uang OTT Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Diduga Korupsi Program Bandung Smart City

Kompas.tv - 15 April 2023, 07:50 WIB
kpk-sita-sejumlah-uang-ott-wali-kota-bandung-yana-mulyana-diduga-korupsi-program-bandung-smart-city
Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Ia pada Jumat (14/4/2023) malam terjaring OTT KPK bersama sejumlah pejabat dari Dishub Kota Bandung dan pihak swasta karena dugaan korupsi pengadaan CCTV serta jaringan internet pada program Bandung Smart City. (Sumber: Instagram Yana Mulyana)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Saat Operasi Tangkap Tangan (OTT) Wali Kota Bandung Yana Mulyana Jumat (14/4/2023) malam, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah barang bukti.

Salah satunya sejumlah uang rupiah diduga terkait dugaan korupsi pengadaan CCTV dan jaringan internet pada program Bandung Smart City. 

Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri menjelaskan, dalam dugaan kasus korupsi Bandung Smart City, Yana Mulyana dan 9 orang yang dicokok KPK disebut terlibat dugaan suap pengadaan jaringan internet dan pengadaan CCTV.

"Terkait dengan program Bandung Smart City salah satnya pengadaan CCTV dan jaringan internet di Kota Bandung," jelas Ali Fikri, Sabtu (15/4/2023) di Kompas Pagi Kompas TV.

Baca Juga: Selain Walikota Yana Mulyana, KPK OTT 9 Orang Diduga Korupsi "Bandung Smart City": Ada dari Dishub

Ia lantas menjelaskan, KPK menemukan transaksi dugaan suap berupa transaksi uang dan kini disita KPK.

"Kami temukan adannya dugaan korupsi berupa transaksi pemberian dan penerimaan uang terkait pengadaan CCTV dan jaringan internet tadi," tambahnya. 


 

"Barang bukti yang yang diamankan, sejumlah uang dalam bentuk rupiah masih akan terus dikonfrimasi terlebih dahulu kepada orang-orang yang ditangkap," jelas dia. 

"Dalam pembuktian korupsi kami tidak lihat besar kecilnya uang yang diamankan," papar Ali Fikri.

"Tapi kami lihat dari sisi perbuatan para pelaku ini karena sudah jelas ada unsur penyalahgunaan kekuasaan dan wewenang sebagai pejabat negara," tegasnya. 

Baca Juga: Update OTT KPK Wali Kota Bandung: Yana Mulyana Dibawa ke Jakarta, Diduga Terkait Suap Dua Hal Ini

Meski begitu, sampai saat ini, KPK masih memeriksa dan belum membeberkan berapa jumlah uang yang bergulir dalam dan disita dalam dugaan korupsi Bandung Smart City ini.

Adapun KPK juga menjelaskan, selain tangkap Wali Kota Bandung Yana Mulyana, pada OTT KPK itu juga diamankan 9 orang lainnya..

Termasuk dari elemen pengusaha dan diduga pejabat dari Dinas Perhubungan diduga terlibat dengan dugaan korupsi Bandung Smart City ini. 

Baca Juga: BREAKING NEWS: KPK OTT Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Diduga Terkait Suap Barang dan Jasa

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x