Kompas TV internasional kompas dunia

Xi Jinping Meminta Militer China Perkuat Latihan untuk Pertempuran Sebenarnya, Sinyal Panas untuk AS

Kompas.tv - 13 April 2023, 04:05 WIB
xi-jinping-meminta-militer-china-perkuat-latihan-untuk-pertempuran-sebenarnya-sinyal-panas-untuk-as
Presiden China Xi Jinping meminta angkatan bersenjata negaranya untuk memperkuat pelatihan militer yang berorientasi pada pertempuran sebenarnya, seperti yang dilaporkan oleh media negara Xinhua pada Rabu (12/4/2023). (Sumber: EPA-EFE/Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BEIJING, KOMPAS.TV - Presiden China Xi Jinping meminta angkatan bersenjata negaranya untuk memperkuat pelatihan militer yang berorientasi pada pertempuran sebenarnya.

Hal ini terjadi setelah Beijing melakukan latihan militer yang bertujuan untuk mengintimidasi Taiwan, seperti yang dilaporkan oleh media negara Xinhua pada Rabu (12/4/2023).

Komentar Xi, yang diucapkannya pada kunjungan pemeriksaan angkatan laut pada hari Selasa (11/4/2023) lalu, muncul di tengah ketegangan yang meningkat di kawasan itu setelah aksi unjuk kekuatan oleh Beijing, yang mengeklaim Taiwan yang berdaulat sebagai wilayahnya.

Pad hari Senin lalu, China menyelesaikan tiga hari latihan militer yang diluncurkan sebagai tanggapan atas kunjungan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen pada pekan lalu ke Amerika Serikat, di mana dia bertemu dengan sekelompok bipartisan legislator dan Ketua Kongres AS Kevin McCarthy.

Mengutip laporan saluran televisi negara, CCTV, Xi mengatakan kepada Angkatan Laut Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) bahwa militer harus dengan tegas membela kedaulatan wilayah China dan kepentingan maritim, serta berusaha untuk melindungi stabilitas periferal secara keseluruhan.

Xi juga menambahkan China harus inovatif dalam konsep dan metode pertempuran.

Beijing mengkritik rencana pasukan AS untuk menggunakan jumlah pangkalan yang semakin banyak di Filipina, termasuk satu di dekat Taiwan.

AS dan Filipina sendiri sedang mengadakan latihan militer bersama terbesar mereka minggu ini. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berkomitmen berdiri dengan Filipina melawan intimidasi atau paksaan apa pun, termasuk di Laut China Selatan.

Baca Juga: Amerika Serikat dan Filipina Latihan Militer Terbesar di Dekat Perairan Sengketa dengan China

Pesawat pengebom China dalam latihan militer di sekitar Taiwan baru-baru ini. Presiden China Xi Jinping meminta angkatan bersenjata negaranya untuk memperkuat pelatihan militer yang berorientasi pada pertempuran sebenarnya, seperti yang dilaporkan oleh media negara Xinhua pada Rabu (12/4/2023). (Sumber: Xinhua/AP Photo)

Beijing menganggap Taiwan yang demokratis sebagai bagian dari wilayahnya dan bersumpah mengambilnya suatu hari nanti, sembari meningkatkan retorika dan aktivitas militer di sekitar pulau itu dalam beberapa tahun terakhir.

Militer China mensimulasikan serangan terarah dan blokade Taiwan selama latihan "Joint Sword" tiga hari yang lalu.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan mereka terus mendeteksi kapal perang dan pesawat China di sekitar pulau bahkan setelah latihan resmi berakhir.

Beijing memperingatkan minggu ini bahwa kemerdekaan Taiwan dan perdamaian lintas selat adalah "saling terpisah," menyalahkan Taipei dan "kekuatan asing" yang tidak disebutkan namanya yang mendukungnya untuk ketegangan itu.

Washington dengan sengaja ambigu tentang apakah akan membela Taiwan secara militer.

Namun, AS menjual senjata ke Taipei selama beberapa dekade untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya dan menawarkan dukungan politik.

Pemerintah China mengeklaim kedaulatan atas hampir seluruh wilayah Laut China Selatan - sebuah jalur air strategis di mana triliunan dolar perdagangan berlalu setiap tahunnya - meskipun putusan pengadilan internasional menyatakan bahwa klaim tersebut tidak memiliki dasar hukum.

Beberapa negara seperti Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei juga memiliki klaim yang tumpang tindih di wilayah tersebut, sementara Amerika Serikat mengirimkan kapal perangnya untuk menegaskan hak kebebasan berlayar di perairan internasional.




Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x