Kompas TV nasional humaniora

Catat Tanggalnya, Kemen PUPR Minta Masyarakat Manfaatkan Diskon Tarif Tol untuk Mudik Lebih Awal

Kompas.tv - 12 April 2023, 05:35 WIB
catat-tanggalnya-kemen-pupr-minta-masyarakat-manfaatkan-diskon-tarif-tol-untuk-mudik-lebih-awal
Kondisi arus lalu lintas Ruas Tol Jakarta-Cikampek di Gerbang Tol Cikampek Utama, Sabtu (24/12/2022). Jasa Marga memberikan diskon untuk tarif Tol Jakarta-Cikampek sebesar 20 persen. Diskon itu diberikan untuk tarif jarak terjauh dan berlaku untuk semua golongan kendaraan. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) mengapresiasi pemberlakuan diskon tarif jalan tol saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Setelah PT Jasa Marga memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen, kini  PT Hutama Karya juga memberikan diskon yang sama saat arus mudik dan arus balik di sejumlah jalan tol rawan penumpukan kendaraan.  

Staf Ahli Menteri PUPR bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S Atmawidjaja menyambut positif keputusan tersebut. 

Menurutnya potongan tarif jalan tol tanpa mengurangi kualitas layanan, menjadi salah satu solusi dalam mengurai kepadatan pergerakan kendaraan saat arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Baca Juga: 1,7 Juta Tiket Kereta Api Terjual untuk Mudik Lebaran 2023: Kelas Ekonomi Paling Banyak Diminati

Endra meminta masyarakat memanfaatkan diskon tarif tol untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal dan kembali saat arus balik menurun.

"Ini penting untuk memecah trafik supaya tidak terjadi penumpukan," ujar Endra saat diskusi bertema "Kesiapan Infrastruktur dalam Mendukung Mudik Lebaran", Selasa (11/4/2023).

Di kesempatan yang sama Direktur Bisnis PT Jasa Marga Reza Febrianto menjelaskan diskon tarif tol 20 persen untuk arus mudik berlaku pada tanggal 16-18 April 2023. Sendangkan untuk arus balik potongan tarif tol 27-29 April 2023. 

Diskon tarif tol ini diberlakukan di ruas Jakarta-Cikampek di dua gerbang tol yakni gerbang Kaliurip Utama dan Cikampe Utama.

Baca Juga: Meski Ada One Way di Tol Cikampek, Pemudik dari Bandung ke Jakarta Tetap Bisa Lewat, Ini Jadwalnya

"Pemberian diskon tarif tol untuk jarak terjauh, ini hanya untuk melayani transaksi di ruas Jakarta-Cikampek," ujar Reza.

EVP Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Ariyono menjelaskan diskon 20 persen saat arus mudik dan balik Lebaran 2023 diberikan untuk ruas Bakauheni-Terbanggi dan Terbanggi-Kayu Agung.

"Kami berlalukan di tiga gerbang, Bakauheni Selatan, Kayuagung dan Kayuagung Utama, untuk arus mudik pada 16-18 April 2023 dan arus balik pada 26-28 April 2023," ujar Dwi.


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x