Kompas TV nasional hukum

Beredar Rekaman Suara Diduga Penyelidik KPK Walkout Bela Endar saat Rapat dengan Firli Bahuri

Kompas.tv - 10 April 2023, 13:16 WIB
beredar-rekaman-suara-diduga-penyelidik-kpk-walkout-bela-endar-saat-rapat-dengan-firli-bahuri
Petugas kepolisian berjaga di Gedung KPK, Jakarta. (Sumber: KOMPAS/HERU SRI KUMORO)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah rekaman suara diduga anggota penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari unsur Polri atau Pegawai Negeri yang Dipekerjakan (PNYD) di KPK,  beredar saat sedang rapat dengan pimpinan KPK.

Adapun rapat tersebut diduga membahas tentang polemik yang terjadi di lembaga antirasuah buntut pemberhentian Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

Baca Juga: Bambang Widjojanto: Firli Bahuri dan Alexander Marwata Bisa Jadi Tersangka soal Bocornya Dokumen KPK

Dalam rekaman suara itu, salah satu penyelidik KPK dari Polri mempertanyakan soal pemberhentian Brigjen Endar Priantoro dari KPK. 

Penyelidik tersebut menegaskan bahwa Endar Priantoro harus tetap bertugas di KPK dan menjabat sebagai Direktur Penyelidikan.

Adapun pernyataan itu disampaikan secara langsung dan ditujukan kepada Ketua KPK Firli Bahuri yang saat itu diduga menjadi pimpinan rapat.

"Bapak (Firli) perlu memberikan statemen bahwa ini memang surat terkait pengembalian Pak Endar, kami sangat berharap bahwa Pak Endar tetap di sini (KPK),” kata salah satu anggota penyelidik yang dikutip dari rekaman suara yang beredar, Senin (10/4/2023). 

“Kami berharap semuanya baik penyelidik maupun penyidik supaya Pak Endar tetap menjadi direktur penyelidikan supaya melakukan tugas-tugasnya seperti biasa, seperti itu.”

Baca Juga: Dewas Pelajari Laporan Endar Priantoro yang Adukan Firli dan Sekjen KPK karena Dinilai Langgar Etik

Penyelidik tersebut melanjutkan, jika memang Firli Bahuri tetap mengeluarkan surat pengembalian Endar Priantoro ke Polri, maka pihaknya menyatakan bakal walkout dalam rapat.

"Kalau memang bapak tetap mengeluarkan surat pengembalian Pak Endar, dan Pak Endar tidak berkesempatan untuk berdinas lagi di sini, mohon maaf bapak kami selaku junior bapak, mohon maaf sekali, kami walkout untuk sekarang bapak," ujar dia.

"Kami keluar dari forum ini, dari ruangan ini, kami memohon maaf bapak kami atas perintah bapak, kami melanggar bapak, siap.”




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x