Kompas TV nasional peristiwa

Selesai 15 April, Tol Cisumdawu akan Beroperasi Fungsional saat Mudik Lebaran 2023

Kompas.tv - 9 April 2023, 20:37 WIB
selesai-15-april-tol-cisumdawu-akan-beroperasi-fungsional-saat-mudik-lebaran-2023
Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Tol Cisumdawu akan selesai pada Sabtu (15/4/2023) dan akan beroperasi fungsional saat mudik Lebaran 2023. (Sumber: Dok. Kemenhub)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Tol Cisumdawu akan selesai pada Sabtu (15/4/2023) mendatang. Setelahnya, Tol Cisumdawu diharapkan dapat membantu memperlancar arus mudik saat Lebaran 2023.

“Tanggal 15 April 2023 nanti Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 ini sudah selesai, dan secara fungsional sudah bisa digunakan. Semoga ini dapat membantu memperlancar arus mudik, khususnya di Jawa Barat dan sekitarnya,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Minggu (9/4/2023).

Baca Juga: Mudik dengan Mobil Pribadi? Cek Dulu Tarif Tol Trans Jawa Terbaru

Sayangnya, Tol Cisumdawu baru dapat beroperasi secara terbatas, yakni dari siang hingga sore hari sekitar Pukul 15.00 WIB. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, aspek keselamatan pemudik menjadi pertimbangan. 

“Atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore Pukul 15.00 WIB,” tutur Budi.

Kakorlantas Polri Firman Santyabudi menjelaskan lebih lanjut terkait operasional Tol Cisumdawu. Saat ini, pembangunan tol baru selesai untuk seksi 4, 5, dan 6, belum sepenuhnya.

Dengan kondisi tersebut, tidak memungkinkan jika dioperasionalkan secara penuh saat mudik Lebaran 2023 karena ada daerah yang masih berkabut.

“Itu juga riskan, para pengemudi. Dan kita tidak berharap mereka nanti terjebak pada saat malam hari, sementara kita masih disibukkan dengan lonjakan di jalur Tol Cipali yang memang cukup deras menurut prediksi kita,” ujar Firman.

Baca Juga: Tiga Titik Rawan Macet saat Mudik Lebaran 2023 di Pintu Keluar Jakarta Versi Polda Metro Jaya

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, pihaknya akan mengikuti arahan Korlantas Polri terkait pengaturan lalu lintas jalur Tol Cisumdawu.

Termasuk soal pemberlakuan contra flow, one way, atau sistem buka tutup akan mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan.

Menteri Basuki menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada akhir Mei 2023.

“Akhir Mei 2023 paling lambat semua ruas operasional di Cisumdawu sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati,” jelas dia.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x