Kompas TV nasional peristiwa

Jadwal dan Lokasi Upacara Peringatan HUT ke-77 TNI AU Hari Ini, Suguhkan Parade hingga Atraksi

Kompas.tv - 9 April 2023, 08:23 WIB
jadwal-dan-lokasi-upacara-peringatan-hut-ke-77-tni-au-hari-ini-suguhkan-parade-hingga-atraksi
Ilustrasi Latihan Tempur TNI AU. Berikut jadwal dan lokasi acara puncak HUT ke-77 TNI AU hari ini, Minggu (9/4/2023)  (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-77, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) akan menggelar upacara puncak yang akan digelar hari ini, Minggu (9/4/2023).

Diketahui, setiap 9 April setiap tahunnya diperingati sebagai hari lahir TNI AU yang pertama kali dibentuk pada 1946.

Dalam upacara HUT ke-77 TNI AU akan dimeriahkan berbagai kegiatan diantaranya Parade, Defile, Drumband Taruna AAU, Demo Darat, Demo Udara dan theatherical JAT - Helicopter Display Team dengan melibatkan berbagai alutsista TNI AU.

Upacara puncak HUT TNI AU 2023 ini bisa disaksikan oleh masyarakat umum yang bertempat di Taxi Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma.

Masyarakat juga  bisa mengakses area puncak HUT ke-77 TNI AU lewat tiga pos yaitu:

  • Pos Dirgantara dan Makassar.Kendaraan dapat diparkir di lapangan Skadron. Selanjutnya, menuju ke dalam akan diantar menggunakan Trans Halim.

Baca Juga: Kumpulan Twibbon HUT ke-77 TNI AU Diperingati Hari Ini 9 April 2023

  • Pos Trikora. Kendaraan yang dikemudikan dapat diparkir di lapangan tenis, GOR Merpati Trikora atau Pasar Mini Indah. Selanjutnya, untuk menuju ke dalam akan diantar menggunakan Trans Halim
  • Pos Gapura. Kendaraan dapat diparkir di gedung Adhyaloka, LKP, Griya. Selanjutnya, warga akan diantar menggunakan Trans Halim

"Terbuka untuk umum dan Gratis," tulis akun Instagram TNI AU, Sabtu (8/4/2023).

Acara dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan upacara puncak akan dimeriahkan oleh atraksi 89 pesawat berbagai jenis dan 3.693 personel TNI AU.

Adapun suguhan penampilan pesawat-pesawat TNI AU antara lain demonstrasi berupa simulasi pembebasan sandra (basra) oleh pasukan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) hingga senjata Kopasgat berbagai tipe, juga ikut dalam defile.

“Ditunjukkannya berbagai alutsista TNI AU pada peringatan Hari Jadi Angkatan Udara tahun ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban TNI AU kepada rakyat Indonesia,” ujar Indan.

Baca Juga: 1 Prajurit Kopasgat Gugur saat Latihan Terjun Bebas Jelang HUT ke-77 TNI AU di Lanud Halim




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x