Kompas TV nasional politik

Setelah Wacana Koalisi Besar Muncul, 3 Ketum Partai Bergantian Temui Prabowo di Kertanegara

Kompas.tv - 9 April 2023, 04:45 WIB
setelah-wacana-koalisi-besar-muncul-3-ketum-partai-bergantian-temui-prabowo-di-kertanegara
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat menerima kunjungan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di kediamannya di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu (8/4/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tiga ketua umum (Ketum) partai politik (parpol) silih berganti menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman Prabowo di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. 

Kunjungan tiga ketua umum partai ini munyusul adanya wacana koalisi besar dalam pertemuan lima pimpinan partai di DPP PAN, Minggu (2/4/2023) lalu.

Ketua umum partai pertama yang mengunjungi Prabowo di Kertanegara yakni Hary Tanoesoedibjo. Pimpinan Partai Perindo itu sepakat untuk membangun kerja sama dengan Gerindra di Pilpres 2024.

Hary Tanoe juga menyambut baik undangan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk masuk ke koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

Baca Juga: Prabowo Ajak Hary Tanoe Gabung Koalisi Besar di Pilpres 2024

Menurutnya pertemuan ini merupakan awal penjajakan Partai Perindo bergabung ke KIR yang digagas Gerindra dan PKB.

Ke depan, pastinya akan ada lagi pertemuan lanjutan untuk berdiskusi mengenai kerja sama politik antara Perindo dan Gerindra. 

"Jadi, ke depan tentunya nanti dari partai Gerindra dan dari kami Partai Perindo akan melanjutkan diskusi-diskusi ini. Mudah-mudahan, ke depan kerja sama politik ini bisa berjalan baik untuk kepentingan NKRI," ujar Hary Tanoe usai pertemuan, Rabu (5/4).

Ketum partai kedua yang menemui Prabowo yakni Yusril Ihza Mahendra. Pimpinan Partai Bulan Bintang (PBB) itu datang ke kediaman Prabowo sehari setelah Hary Tanoe.

Baca Juga: Prabowo Subianto Jajaki Koalisi Besar, Siapa Mau Dihadapi?

Prabowo menyatakan menjelang Pilpres 2024 sangat wajar dan perlu pimpinan antar partai politik menjalin komunikasi dan silaturahmi politik secara intens. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x