Kompas TV internasional kompas dunia

Konflik Memanas, Israel Panggil Pasukan Cadangan usai Serangan Mematikan terhadap Turis

Kompas.tv - 9 April 2023, 04:05 WIB
konflik-memanas-israel-panggil-pasukan-cadangan-usai-serangan-mematikan-terhadap-turis
Israel mulai memanggil pasukan cadangan polisi dan militer pada hari Sabtu, (8/4/2023) setelah serangan terpisah menewaskan tiga orang, termasuk turis Italia, di Tel Aviv dan Tepi Barat. (Sumber: Majdi Mohammed/ AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Israel mulai memanggil pasukan cadangan polisi dan militer pada hari Sabtu (8/4/2023) setelah serangan terpisah menewaskan tiga orang, termasuk turis Italia, di Tel Aviv dan Tepi Barat yang diduduki Israel, seperti laporan Associated Press, Sabtu (8/4/2023).

Meskipun ada seruan untuk menahan diri, kekerasan meningkat sejak polisi Israel bentrok dengan warga Palestina di dalam masjid Al-Aqsa yang menjadi sumber ketegangan di Yerusalem pada hari Rabu, dengan Israel mengebom Gaza dan Lebanon sebagai tanggapan atas tembakan roket oleh militan Palestina.

Seorang warga Italia tewas dan tujuh turis lainnya terluka ketika seorang Arab Israel menabrak pejalan kaki di tepi laut Tel Aviv pada Jumat malam dan terbalik sebelum ditembak mati, kata polisi dan layanan darurat.

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni menamai pria yang meninggal sebagai Alessandro Parini, 36.

Polisi mengidentifikasi pengemudi sebagai orang 45 tahun dari kota Arab Kfar Kassem di Israel tengah, "Teroris itu dinetralisir," kata juru bicara militer seperti dikutip France24.

Gerakan Islam Palestina Hamas, yang memerintah Gaza, mengatakan serangan itu adalah "tanggapan alami dan sah" atas "agresi" Israel di masjid Al-Aqsa.

Sebelumnya hari Jumat, dua saudari berkebangsaan Inggris-Israel yang berusia 16 dan 20 tahun tewas, dan ibu mereka terluka parah ketika mobil mereka ditembak di Lembah Yordan di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Baca Juga: Rusia Berusaha Damaikan Israel-Palestina, Meminta Menahan Diri dan Akhiri Eskalasi Kekerasan


Militer Israel mengatakan mereka mulai memburu pelaku.

Menyusul serangan di Tel Aviv, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu memerintahkan polisi untuk "mobilisasi semua unit cadangan polisi perbatasan" dan memerintahkan militer untuk "mobilisasi kekuatan tambahan", kata kantornya.

Polisi mengatakan empat batalyon cadangan polisi perbatasan akan dikerahkan di pusat kota mulai Minggu, ditambah dengan unit yang sudah dikerahkan di wilayah Yerusalem dan di kota Lod yang memiliki populasi campuran Yahudi dan Arab.

Di Tepi Barat, pasukan Israel ditembak dalam serangan dari mobil pada Sabtu dini hari di kota utara Yabad, kata militer pada hari Sabtu. Satu orang diidentifikasi sebagai penyerang, kata pernyataan militer.

Serangan-serangan lintas batas itu terjadi setelah Israel meluncurkan serangan udara dan serangan artileri pada dini hari sebagai tanggapan atas tembakan roket dari Jalur Gaza dan Lebanon.

Ini adalah tembakan roket terberat dari Lebanon sejak Israel berperang selama 34 hari dengan kelompok militan Hezbollah yang didukung Iran pada 2006 dan kali pertama Israel mengonfirmasi serangan di wilayah Lebanon sejak April 2022.

Pasca terjadinya serangan mematikan, Israel "menyerang sasaran, termasuk infrastruktur teroris, yang dimiliki oleh organisasi teroris Hamas di selatan Lebanon," kata militer.

Baca Juga: Pasukan Israel Serbu Masjid Al-Aqsa Yerusalem Saat Subuh, Puluhan Umat Muslim Palestina Luka Parah





Sumber : Kompas TV/France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x