Kompas TV regional berita daerah

Toleransi, Panitia Tradisi Ceng Beng Dari Umat Mus;im Dan Nasrani Keturunan Tionghoa

Kompas.tv - 8 April 2023, 22:55 WIB
Penulis : KompasTV Manado

KOTAMOBAGU, KOMPAS.TV- Warga kota Kotamobagu, saling rebutan makanan dan buah buahan saat pelaksanaan tradisi Ceng Beng, yaitu tradisi warga etnis Tionghoa yang biasanya melakukan ziarah kemakam orang tua atau leluhur.

Beginilah suasana pelaksanaan tradisi ceng beng yang dilakukan warga etnis tionghoa di kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, di pemakaman warga Tionghoa tepatnya di kelurahan kotobangon kecamatan Kotamobagu Timur, Sulawesi Utara.

Warga rela berdesak desakan saling berebutan makanan dan buah buahan, mulai dari anak anak hingga orang dewasa tanpa rasa malu, hingga naik diatas meja beton, untuk mendapakan makanan sebanyak banyaknya.

Nampak kerukunan antar umat beragama sangat terasa pada pelaksanaan ceng beng tahun ini yang bertepatan dengan bulan ramadan, dimana petugas yang mempersiapkan tradisi ini berasal  dari umat Muslim dan Nasrani keturunan Tionghoa.

Tradisi ceng beng atau biasa juga disebut qing ming, merupakan tradisi warga tionghoa yaitu  melakukan ziarah ke makam orang tua atau leluhur, yang rutin dilakukan setiap tahun sekali.  

Biasanya pada saat melakukan sembahyang kubur, anak cucu dari leluhur akan membawa semua perlengkapan untuk sembahyang seperti baju, sepatu, uang, rumah, mobil serta perabot rumah tangga yang terbuat dari kertas, kemudian dibakar, yang diharapkan semua perlengkapan tersebut bisa dipakai leluhur dialam baka.

 

Diharapkan tradisi ini dapat terus terpelihara dan dilestarikan hingga sampai ke anak cucu nanti, sebab dengan tradisi ini kita bisa mempererat tali silaturahim serta merawat kerukunan antar umat beragama di Sulawesi Utara lebih khusus di kota Kotamobagu.

#tradisicengbeng #kompastvmanado #kotamobagu

Rahman Rahim Kompas tv Kotamobagu

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x