Kompas TV nasional humaniora

KAI Sediakan 31.300 Tiket Kereta Diskon untuk Mudik 2023, Ini Cara Beli via Aplikasi KAI Access

Kompas.tv - 8 April 2023, 17:04 WIB
kai-sediakan-31-300-tiket-kereta-diskon-untuk-mudik-2023-ini-cara-beli-via-aplikasi-kai-access
Ilustrasi. PT KAI menyediakan 31.300 tiket kereta diskon untuk keberangkatan pada 14-17 April 2023. Berikut cara membeli tiket kereta diskon via aplikasi KAI Access. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan puluhan ribu tiket kereta diskon hingga 20 persen bagi masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran pada 2023.

Tiket diskon ini khusus keberangkatan pada 14-17 April 2023. PT KAI sendiri akan menyediakan sebanyak 31.300 tiket kereta jarak jauh yang mendapatkan potongan harga, baik kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

Adapun tiket kereta yang mendapatkan diskon ini bisa dibeli mulai besok, Minggu, 9 April hingga 13 April mendatang. Sebanyak 6.260 tiket diskon akan dijual setiap harinya.

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus menuturkan, program Diskon Mudik 2023 diselenggarakan dalam rangka memberikan alternatif tanggal keberangkatan kepada para pelanggan yang akan pulang ke kampung halamannya.

“Pemberian diskon tiket ini juga sejalan dengan program Kementerian Perhubungan yang mengimbau kepada masyarakat untuk mudik lebih awal. Guna mengurai kepadatan arus mudik yang terjadi menjelang Hari-H Lebaran,” kata Joni dalam keterangan tertulis yang dirilis laman PT KAI, Sabtu (8/4/2023).

Baca Juga: Mau Mudik Naik Kereta Api? Ingat, Vaksin Covid-19 Masih Jadi Syarat Bepergian, Begini Aturannya

Tiket diskon ini dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh channel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI.

Sejumlah perjalanan kereta api yang mendapatkan Diskon Mudik 2023 di antaranya KA Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasarturi pp), KA Argo Lawu (Gambir - Solo Balapan pp), KA Pasundan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng pp), KA Bogowonto (Pasarsenen - Lempuyangan pp), dan lainnya.

Cara Beli Tiket Diskon Kereta via KAI Access

Dilansir Kompas.com, berikut cara membeli tiket kereta dengan diskon hingga 20 persen untuk mudik Lebaran 2023 melalui aplikasi KAI Access:

  • Buka aplikasi KAI Access dan login memakai akun yang telah didaftarkan
  • Di halaman, masukkan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, kelas kereta, dan jumlah penumpang
  • Setelah memastikan kebenaran data tersebut, klik Cari. Kemudian akan muncul daftar kereta api sesuai data yang dimasukkan
  • Jika kursi dari kereta tersebut masih tersedia, klik nama kereta tersebut
  • Muncul ringkasan pemesanan, masukkan data penumpang dan pilih posisi kursi, kemudian klik Lanjutkan
  • Rincian pemesanan tiket kereta akan muncul termasuk harga tiket yang harus dibayar. Klik kolom syarat dan ketentuan, pilih Bayar Sekarang.
  • Setelah selesai melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan kode booking yang bisa disimpan untuk digunakan saat melakukan boarding.

Baca Juga: KAI Sediakan Puluhan Ribu Tiket Kereta Diskon 20 Persen untuk Keberangkatan 14-17 April 2023


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x