Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Tips Kelola THR Agar Tak Sekedar Numpang Lewat

Kompas.tv - 7 April 2023, 10:03 WIB
tips-kelola-thr-agar-tak-sekedar-numpang-lewat
Ilustrasi uang THR. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi salah satu hal yang paling ditunggu saat momen bulan Ramadan tiba.

Selain untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Idulfitri, banyak orang bahkan menunggu membeli barang incarannya hingga mendapat THR.

Tapi sebenarnya, THR bisa memberikan manfaat yang lebih besar daripada sekedar dibelanjakan untuk hal-hal yang diinginkan. Syaratnya, harus dikelola dengan baik agar THR tidak sekedar numpang lewat.

Mengutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berikut adalah Tips Mengelola THR: 

1. Bayar Utang

Sejak awal diterima, sebaiknya langsung menggunakan THR untuk melunasi utang dan cicilan. Jangan biarkan utang anda berlarut-larut. Mendapat THR artinya anda punya uang lebih dari sekedar gaji bulanan, yang biasanya habis untuk keperluan sehari-hari.

Baca Juga: Apakah Pekerja yang Ambil Cuti Melahirkan Dapat THR? Ini Penjelasan Kemnaker

Nah, saat THR cair adalah momen yang pas untuk segera melunasi utang anda. Sehingga anda bisa merayakan Hari Kemenangan dengan lebih tenang.

2. Zakat dan Sedekah

Setelah membayar utang, pos anggaran prioritas THR selanjutnya adalah membayar zakat dan sedekah. Jangan lupa, ada hak orang yang membutuhkan di sebagian uang THR yang anda terima.

3. Gunakan Untuk Kebutuhan Pokok Hari Raya

Seperti namanya, fungsi utama THR adalah memang untuk menunjang kebutuhan saat momen Idul Fitri. , Banyak keperluan yang harus dibeli untuk menyambut Idul Fitri sebagai hari raya. 

Seperti menyiapkan makanan dan camilan untuk keluarga besar dan tamu, membelikan baju baru untuk anak hingga orangtua, serta memberikan angpao Lebaran kepada kerabat.

Hal itu sah-sah saja, selama tidak berlebihan. Jika anda berencana mudik di Lebaran 2023 ini, jangan lupa alokasikan juga THR untuk kebutuhan mudik.

Baca Juga: Ini Hitungan Lengkap THR untuk TNI-Polri 2023 dan Jadwal Pencairannya

4. Investasi   

Menurut OJK, alokasi investasi dari dana THR minimal 20 persen. Walaupun jumlahnya tak terlalu besar, investasi memberikan manfaat jangka panjang untuk anda. Jadi saat momen Lebatan usai, dana THR tidak menguap begitu saja melainkan sebagian tersimpan di instrumen investasi.


 

5. Menabung

Selain uang THR juga bisa anda sisihkan untuk ditabung. Dana tabungan inilah yang akan menolong anda di saat-saat darurat nanti. Atau bisa juga disisihkan untuk keperluan lain yang tak kalah penting. Misalnya membayar sekolah anak jelang kenaikan kelas atau kelulusan pada bulan Juni dan Juli nanti.

6. Membeli Barang Incaran

Jika THR sudah dialokasikan untuk pos anggaran 1-4, barulah anda bisa menggunakan sisanya untuk membeli barang incaran. Misalnya, membeli perabot baru atau untuk liburan usai Lebaran.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x