Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Pemerintah Beri Diskon Tiket Pesawat dan Tarif Tol untuk Mudik Lebaran 2023

Kompas.tv - 6 April 2023, 14:03 WIB
pemerintah-beri-diskon-tiket-pesawat-dan-tarif-tol-untuk-mudik-lebaran-2023
Pemerintah akan memberikan diskon tiket pesawat dan tarif tol untuk mudik Lebaran 2023. Itu disampaikan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy dalam konferensi pers usai rapat gabungan bersama Polri, TNI, Kemenhub, Kemen PUPR, dan lembaga lainnya. (Sumber: Tangkapan layar Breaking News Kompas TV/Dina Karina)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah akan memberikan diskon tiket pesawat dan tarif tol untuk mudik Lebaran 2023. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy dalam konferensi pers usai rapat gabungan bersama Polri, TNI, Kemenhub, Kemen PUPR, dan lembaga lainnya. 

"Pemerintah akan memberikan diskon tarif pesawat dan tarif tol," kata Muhadjir dikutip dari tayangan Breaking News Kompas TV, Kamis (6/4/2023). 

Pada kesempatan yang sama, Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan, diskon tarif pesawat akan diberikan untuk periode mudik lebih awal atau sebelum puncak arus mudik 19 April 2023. 

"Untuk soal tiket, tadi saya dapat catatan dari Menteri Perdagangan dan Menteri Dalam Negeri, kami upayakan diskon tiket pesawat, kereta api, itu diberikan lebih awal dari puncak mudik 19 April," ujar Budi. 

Baca Juga: Mudik Lebaran 2023: Ini Jadwal Lengkap One Way, Contraflow, dan Ganjil-Genap di Tol Cikampek

"Kalaupun tiket untuk puncak mudik masih ada, kami tekankan kepada operator agar tak melewati tarif batas atas," ujarnya. 

Baik Menko PMK dan Menhub tidak merinci soal program diskon tiket pesawat ini. Namun sejumlah maskapai memang sudah menggelar promo tiket mudik tujuan kot tertentu dan di tanggal-tanggal tertentu. 

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, diskon tarif tol adalah usulan dari Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI).

"Rencana diskon tarif tol itu usulan ATI. Diskon diberlakukan di Tol Cikampek dan Kalihurip sebesar 20 persen. Semoga nanti ada penambahan diskon tarif tol di ruas lainnya," tutur Basuki. 

Baca Juga: Garuda Tawarkan Promo Tiket Pesawat Program "Lebaran ke Jakarta", Mulai Rp700 Ribuan

Diberitakan Kompas TV sebelumnya, Jasa Marga memberikan diskon untuk tarif Tol Jakarta-Cikampek sebesar 20 persen. Diskon itu diberikan untuk tarif jarak terjauh dan berlaku untuk semua golongan kendaraan. 

"Program diskon tarif sebesar 20% ini merupakan bentuk pelayanan dan apresiasi Jasa Marga kepada pengguna jalan tol serta sekaligus dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-25 Tahun Kementerian BUMN. Tidak hanya itu, program ini juga bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas," tulis Jasa Marga di akun Instagram resminya, Kamis (6/4/2023). 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x