Kompas TV religi agama

Kisah dan Sejarah Nuzulul Quran, Saat Nabi Muhammad Diajari Malaikat Jibril

Kompas.tv - 6 April 2023, 05:20 WIB
kisah-dan-sejarah-nuzulul-quran-saat-nabi-muhammad-diajari-malaikat-jibril
Foto ilustrasi Alquran (Sumber: UNSPLASH/ALI BURHAN)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tak terasa, Ramadan 2023 sudah mendekati hari kelima belas atau 15 Ramadan 1444 Hijriah. Artinya, hari penting Nuzulul Quran yang biasanya dirayakan pada tanggal 17 Ramadan sebentar lagi tiba

Peristiwa Nuzulul Qur’an atau turunnya kitab suci Al-Qur'an ini ini terjadi pada Nabi Muhammad saat beliau di berada di Gua Hira untuk merenung dan uzlah (menyepi). Lantas, atas izin Allah SWT, beliau didatangi oleh malaikat Jibril untuk diajari tentang Al-Qur’an.

Peristiwa ini dikenal dengan Nuzulul Qur'an, kali pertama wahyu berupa Al-Qur'an diturunkan ke bumi lewat Malaikat Jibril melalui Nabi Muhammad. 

Dalam sejarah Nuzulul Quran, waktu itu usia Rasulullah SAW mendekati 40 tahun dan mulai senang uzlah atau menyepi.

Dikisahkan dalam Mohammed karya Martin Lings, waktu itu beliau sedang berada di Gua Hira dan merasakan keheningan yang luar biasa.

Ketika uzlah beliau memasuki tahun ketiga, tepatnya di bulan Ramadan, Allah menakdirkan Beliau jadi Nabi.

Baca Juga: Malam Nuzulul Quran 17 Ramadan Jatuh Pada 7 April 2023, Ini Amalan-amalan Terbaiknya

Turun Wahyu Pertama 

Dalam kisah Nuzulul Quran ini, Dari langit, malaikat Jibril turun kepada Nabi Muhammad dengan membawa wahyu pertama bagi umat Islam. 

Peristiwa ini terjadi pada hari Senin tanggal tanggal 17 atau 21 Ramadan—bebarapa sejarawan berbeda pendapat soal hari tersebut, namun sepakat soal waktu malam hari dan Gua Hira sebagai tempat awal mula wahyu diturunkan.

Ketika menyepi di Gua Hira, dikisahkan langit seperti terbuka dan muncul malaikat Jibril yang menyerupa manusia dan mengajari Nabi Al-Qur’an secara langsung.

“Bacalah!” kata Jibril.

“Aku tidak bisa membaca!” jawab Nabi.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x