Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

15 Ribu Tiket Bus DAMRI Buat Mudik Lebaran Ludes Terjual, Berikut Cara Pesan dan Rute

Kompas.tv - 5 April 2023, 14:18 WIB
15-ribu-tiket-bus-damri-buat-mudik-lebaran-ludes-terjual-berikut-cara-pesan-dan-rute
Bus DAMRI. Hingga Selasa (4/4/2023), sebanyak 15.795 ribu lebih tiket DAMRI dari dan menuju bandara, antarkota, hingga antarnegara, telah ludes terjual.  (Sumber: Dok. DAMRI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perusahaan Umum (Perum) DAMRI telah resmi membuka penjualan tiket mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah sejak H-30 Lebaran.

Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri menyebut, hingga Selasa (4/4/2023), sebanyak 15.795 ribu lebih tiket dari dan menuju bandara, antarkota, hingga antarnegara, telah ludes terjual.

Dia mengatakan masyarakat banyak memilih keberangkatan untuk tanggal 18 hingga 20 April 2023, dengan sejumlah rute favorit pada periode tersebut.

"Minat masyarakat untuk mudik pada tanggal dan rute favorit memang cukup tinggi," kata Zulfikri dalam keterangannya, Rabu (5/4), dikutip dari Antara. 

Jakarta-Lampung, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Malang, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Wonosobo, rute dari dan menuju Lampung hingga ke layanan batas negara Pontianak-Kuching, Malaysia, kata dia merupakan beberapa rute favorite yang dipilih masyarakat pada periode 18-20 April tersebut.

Meski demikian, Zulfikri menegaskan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir karena secara umum tiket DAMRI pada masa angkutan Lebaran 2023 masih tersedia.

Dia pun kemudian mengimbau masyarakat, yang akan mudik dengan bus DAMRI untuk segera melakukan reservasi tiket perjalanan melalui DAMRI Apps.

Baca Juga: Garuda Tawarkan Promo Tiket Pesawat Program "Lebaran ke Jakarta", Mulai Rp700 Ribuan

Namun, untuk daerah di Indonesia timur dan Kalimantan Utara, lanjut dia, pemesanan tiket dapat dipesan melalui loket keberangkatan. Namun, Damri tetap memproses pencatatannya secara digital.

Dalam kesempatan itu Zulfikri juga mengimbau seluruh pelanggan agar teliti dalam mengisi data diri dan tanggal keberangkatan pada saat pemesanan melalui daring (online).

"Kepada calon pelanggan kami mengingatkan agar apabila mengalami tindakan percaloan dapat melaporkan kepada manajemen DAMRI dan akan kami tindak tegas," kata dia.

Adapun pada masa Angkutan Lebaran 2023, DAMRI menyediakan 1.062 unit armada bus dengan 66.856 trip/perjalanan yang telah disiapkan untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam arus mudik tahun ini DAMRI memprediksi jumlah penumpang mencapai 1,2 juta orang pada masa angkutan Lebaran 2023.


DAMRI juga memprediksi beberapa titik padat penumpang, di antaranya Kemayoran, Gambir, Surabaya, Lampung, dan Pontianak.

Lebih lanjut dia, menjamin keamanan pelanggan yang melakukan perjalanan bersama Damri. Pasalnya seluruh tim sudah melakukan kegiatan ramp check pada seluruh unit armada bus dan memastikan perawatan secara berkala.

"Selain itu, para pengemudi juga sudah dipastikan dalam kondisi fit dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan sudah divaksin lengkap ," jelasnya.

Baca Juga: Dear Pemudik, Polisi akan Batasi Istirahat di Rest Area 30 Menit Saja, Ini Sebabnya

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x