Kompas TV nasional rumah pemilu

Beri Sinyal Gabung Koalisi Besar 5 Partai Pro Jokowi, PDIP: Mbak Puan Punya Tugas Lobi Itu

Kompas.tv - 4 April 2023, 17:10 WIB
beri-sinyal-gabung-koalisi-besar-5-partai-pro-jokowi-pdip-mbak-puan-punya-tugas-lobi-itu
Jokowi dan Lima Ketum Parpol yang dikabarkan bakal bentuk Koalisi Besar menuju Pilpres 2024 pada Minggu (2/4/2023) PDIP tidak ikut di acara itu (Sumber: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - PDI Perjuangan (PDIP) memberikan sinyal pihaknya bakal bergabung ke Koalisi Besar yang berisikan partai Pro Presiden Jokowi, yakni dari PAN, PKB, PPP, Gerindra dan PKB.

Ketua DPP PDIP Said Abdullah lantas mengatakan, PDIP kini mengutus Puan Maharani untuk lobi terkait potensi bergabungnya ke koalisi besar itu.

Selain itu, ia juga menyebut, PDIP punya karakter gotong royong sebagai bagian dari upaya bersatu bersama para parpol. 

"InsyaAllah lah (gabung koalisi besar). Kita ini memang karakter bergotong royong," ujar Said saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Sebagai informasi, lima parpol  yang mewacanakan koalisi besar itu yaitu KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) dan KKIR (Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya) yang pada hari Selasa (2/4/2023) bersilaturahmi dengan Jokowi disinyalir terkait wacana koalisi  menuju Pilpres 2024. 

Baca Juga: Puan Sebut Megawati Bersedia Jadi Tuan Rumah Pertemuan Parpol Bahas Pilpres 2024

Ia lantas meyinggung soal Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 yang panas, tapi kini bersama.

"Lo ingat nggak betapa dahsyatnya perang yang secara ilegal diatur di dalam UU, dua capres, bapak Jokowi dan Prabowo, bisa bersatu," jelasnya dilansir Tribunnnews.

"Ini indonesia, bung," tambah Said. 


 

Said lantas menyebut, kini pihaknya sudah mengutus Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk melakukan lobi politik demi membangun koalisi.

Lobi politik itu, kata dia, bakal dilakukan secara intensif. 

"Mbak Puan ini sekarang punya tugas untuk intensifkan lobi-lobi itu tadi," pungkasnya.

Baca Juga: Pengamat: Pilpres 2024 Bakal Ada 3 Poros: PDIP, Koalisi Besar Pro Jokowi dan Koalisi Perubahan

Sebelumnya seperti KOMPAS.TV beritakan Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan, ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri bersedia menjadi tuan rumah pertemuan partai politik (parpol) membahas agenda Pilpres 2024 mendatang. 

Hal ini menanggapi ketidakhadiran Megawati dalam acara Silaturahmi Ramadan Bersama Presiden Jokowi di Kantor DPP PAN pada Minggu 2 April 2023. 

Acara itu dihadiri Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Prabowo Subianto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum PPP Mardiono.

"Saya bersepakat dan tentu silaturahmi harus dilakukan siapa yang menjadi tuan rumah, ya, monggo saja. Kalau ada kesempatan PDI Perjuangan atau Ibu Megawati yang menjadi tuan rumahnya, jadi silakan," kata Puan di Gedung DPR, Jakarta seperti dikutip dari Antara, Selasa (4/4/2023).



Sumber : Kompas TV/Tribunnews



BERITA LAINNYA



Close Ads x