HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas bisnis

Industri Makanan dan Minuman Mulai Naikkan Harga

Selasa, 22 Januari 2019 | 12:25 WIB

Fluktuasi nilai tukar rupiah berimbas pada industri makanan dan minuman. Pasalnya industri ini banyak bergantung pada bahan impor yang artinya transaksi berdasarkan dollar.

Selama 1 tahun terakhir, pergerakan nilai tukar rupiah tak terprediksi. Di awal Januari tahun lalu berada di posisi 13.300-an, sempat menyentuh level tertinggi di bulan Oktober hingga 15.000-an, dan terakhir kemarin ditutup di angka 14.200-an.

Margin pengusaha pun tergerus, karena bahan baku ikut naik. Industri makanan dan minuman rumahan sudah mulai menaikkan harga di akhir tahun lalu. Sementara tahun ini, pemain besar berencana menaikkan harga di kisaran 3 hingga 5 persen untuk menekan kerugian margin tahun lalu yang mencapai 3 persen.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
22:13
TIONGKOK MEMBERLAKUKAN LARANGAN PERJALANAN BAGI 56 JUTA ORANG PENDUDUKNYA UNTUK STOP PENYEBARAN VIRUS KORONA   LIMA WARGA POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA, HONGKONG TETAPKAN MASA DARURAT   GAKKUM KEMENTERIAN LHK AMANKAN SEEKOR ORANGUTAN DARI PEMBURU DAN PEDAGANG DI GAYO LUES, ACEH   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA BPK AUDIT MENYELURUH JIWASRAYA, ASABRI, HINGGA BPJS   MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO SEBUT PROYEK UNIVERSITAS ISLAM INTERNASIONAL INDONESIA RAMPUNG AKHIR 2020   MENKO POLHUKAM MINTA MALAYSIA IKUT CEGAH PENYANDERAAN WNI OLEH KELOMPOK ABU SAYYAF    MENKO POLHUKAM MAHFUD MD AKAN SAMBANGI MALAYSIA UNTUK BAHAS PENCULIKAN WNI OLEH KELOMPOK ABU SAYYAF   WAMENDAG: PARIWISATA SUPER PREMIUM LABUAN BAJO DORONG KESEJAHTERAAN MASYARAKAT LOKAL   MENPAN-RB TJAHJO KUMOLO MEMBANTAH RENCANA PENGHAPUSAN TENAGA KERJA HONORER DI DAERAH   PEMPROV DKI JAKARTA SEBUT BANJIR 3 METER DI "UNDERPASS" KEMAYORAN URUSAN PEMERINTAH PUSAT   HARI RAYA IMLEK, PRESIDEN JOKOWI: SEMOGA KITA SEMUA SEMAKIN SEJAHTERA   SEKDA PEMPROV DKI JAKARTA SAEFULLAH SEBUT REVITALISASI MONAS ERA ANIES BASWEDAN SUDAH SESUAI KEPPRES   PRESIDEN JOKOWI UNDANG PAUS FRANSISKUS BERKUNJUNG KE INDONESIA   KEMENKES IMBAU MASYARAKAT INDONESIA TIDAK PANIK MENGHADAPI WABAH VIRUS KORONA