Kompas TV nasional politik

Dito Ariotedjo Jadi Menteri Termuda di Kabinet Jokowi, Golkar Ungkap Alasan Ajukan Namanya

Kompas.tv - 3 April 2023, 19:56 WIB
dito-ariotedjo-jadi-menteri-termuda-di-kabinet-jokowi-golkar-ungkap-alasan-ajukan-namanya
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo berbicara kepada wartawan setelah dilantik di Istana Negara Jakarta, Senin (3/4/2023). (Sumber: ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Umum Partai Golkar bidang Kominfo Nurul Arifin menuturkan alasan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengajukan nama Dito Ariotedjo sebagai menteri pemuda dan olahraga (menpora).

Dito sendiri dilantik Presiden Joko Widodo pada Senin (3/4/2023) dan menjadi menteri termuda di kabinet.

Politikus berusia 32 tahun itu menggantikan Zainudin Amali yang mengundurkan diri dari pos menpora setelah terpilih menjadi wakil ketua umum PSSI.

Baca Juga: Dito Ariotedjo Dilantik Sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Gantikan Zainudddin Amali

"(Pengajuan Dito) sudah melalui proses dan mempertimbangkan banyak hal. Karena kalau kami di partai itu melihat Dito sebagai anak muda yang potensial, memperlihatkan model kepemimpinan, inovasi, dan model tanggung jawab semasa menjadi ketua AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia) periode 2016-2021,” kata Nurul dalam program Kompas Petang Kompas TV, Senin. 

“Jadi Dito itu anaknya sangat inovatif,” lanjutnya.

Walau masih berusia 32 tahun, Nurul menilai Dito akan mampu menghadapi PR-PR yang ditinggalkan Amali. Ia menyebutkan pekerjaan rumah tersendiri bagi Dito.

Nurul menyebut Dito harus bisa melihat situasi kepemudaan dan olahraga di Indonesia. Ia juga yakin menpora termuda itu dapat menyambung komunikasi tidak hanya dengan kolega seusia, tetapi juga senior.

"Saya melihat pergaulan Dito ini cukup luas, dia bergaul dengan anak-anak muda dan teman-teman yang senior juga. Dito bisa diterima bermacam kalangan,” kata Nurul.

Dia berharap, pada masa kepemimpinan Dito, Kemenpora RI dapat menjamin Indonesia terus berpartisipasi dalam ajang-ajang internasional. Ia juga berharap kesejahteraan atlet serta kiprah organisasi kepemudaan juga diperhatikan.

"Jangan ragukan anak muda. Menurut saya, berikan ruang juga bagi mereka,” tandas Nurul.

Baca Juga: Siapa Dito Ariotedjo Sosok Menpora Baru yang akan Dilantik Presiden Jokowi?


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x