Kompas TV regional berita daerah

Geliat Kebutuhan Pekerja Di IKN Sepaku

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 20:01 WIB

PENAJAM PASER, KOMPAS.TV - Sebanyak 2000 pekerja dari berbagai daerah kini tinggal di hunian pekerja khusus pembangunan Ibukota Nusantara, yang terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sebelumnya ada 7000 pekerja tahap awal yang terdata tinggal di 22 tower khusus hunian pekerja. Namun sebagian telah selesai kontrak, dan kembali ke daerahnya. Ada juga pekerja yang telah menyelesaikan beberapa bangunan yang telah rampung. Kondisi ini yang menjadikan beberapa pekerja tidak menetap hingga pulang pergi.  Padahal, tower untuk hunian pekerja ini untuk 16.608 pekerja.

Diperkirakan, tower dapat terisi penuh jika seluruh paket kontrak kerja telah terpenuhi semua. Sementara untuk hak pilih pekerja saat pemilu  disesuaikan kebijakan penyelenggara pemilu.

Namun ada cerita menarik lain, yakni pemenuhan kebutuhan makan di luar jadwal dan menu tanggungan pihak perusahaan. Pihak pengelola kantin hunian pekerja kesulitan memenuhi bahan pokok, karena cukup jauh keluar dari lokasi IKN. Belum lagi pengawasan ketat dari petugas keamanan.

Berkat kerjasama dengan pihak pedagang lokal/ semua kebutuhan bisa terpenuhi. Menurut Erna, selaku pengelola kantin mengatakan, kerjasama pedagang lokal yang diterapkan oleh pihak otorita sangat terasa manfaatnya.

Karena di jam tertentu, para pekerja juga membutuhkan selingan cemilan makanan ringan. Dari kopi hingga mie rebus sangat diminati  sekitar 1.500 pekerja yang setiap harinya jajan di kantin. 

#IKN #Pekerja #Pembangunan




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x