Kompas TV nasional politik

Ditanya soal Reshuffle Kabinet, Jokowi Jawab Mantap: Segera!

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 08:56 WIB
ditanya-soal-reshuffle-kabinet-jokowi-jawab-mantap-segera
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden memberikan jawaban mantap yakni segera saat ditanya kapan reshuffle Kabinet Indonesia Maju akan dilakukan. (Sumber: Tangkapan layar/Nadia Intan)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali membahas mengenai rencana perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Ia mengatakan bahwa reshuffle akan dilakukan segera.

Pernyataan ini disampaikan dalam sesi tanya jawab bersama wartawan usai Presiden Jokowi mencoba kereta api dari Stasiun Maros ke Stasiun Rammang-Rammang di Sulawesi Selatan, pada Rabu (29/3/2023).

"(Reshuffle kabinet) Segera," tutur Jokowi tegas dikutip dari siaran Sekretariat Presiden.

Presiden mengonfirmasi rencana reshuffle saat ditanya mengenai jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga yang kosong, menyusul terpilihnya Zainudin Amali sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Baca Juga: Sedihnya Penggawa Skuad Garuda Muda Usai Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023

Jokowi menegaskan bahwa reshuffle akan segera dilakukan. Namun, Kepala Negara belum menyebutkan jadwal pasti kapan rombak kabinet dilakukan.

Sikap Presiden kali ini berbeda dari sebelumnya, pada 6 Maret 2023, menyatakan bahwa reshuffle belum akan dilakukan.

Adapun Pada 3 Maret lalu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga menyampaikan bahwa belum menerima informasi mengenai perombakan kabinet dari Jokowi.

Diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, kekosongan posisi Menteri Pemuda dan Olahraga diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Muhadjir Effendy.

Baca Juga: Pengamat Sebut 4 Menteri Diprediksi Kena Reshuffle Jokowi Bulan Ini, Kursi Nasdem Dikurangi?

Muhadjir Effendy efektif menjadi Plt Menpora berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2023 tanggal 13 Maret 2023.

"Saya telah ditugaskan sebagai Pelaksana Tugas sementara Menpora terhitung tanggal 13 Maret 2023, menyusul pengunduran diri dari Zainudin Amali karena harus mengemban tugas yang jauh lebih berat dan lebih menantang (PSSI)," kata Muhadjir dikutip dari situs Kemenpora.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x