Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Di Masa Mudik Lebaran, Ada Posko Aduan Kekerasan pada Anak dan Perempuan di Terminal Pulo Gebang

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 16:21 WIB
di-masa-mudik-lebaran-ada-posko-aduan-kekerasan-pada-anak-dan-perempuan-di-terminal-pulo-gebang
Suasana Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (29/3/2023). Terminal Terpadu Pulo Gebang membuka Posko Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) bagi pemudik perempuan dan anak yang mengalami tindak kekerasan di terminal atau angkutan umum. (Sumber: Antara )
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Terminal Terpadu Pulo Gebang membuka Posko Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) bagi pemudik perempuan dan anak yang mengalami tindak kekerasan di terminal atau angkutan umum.

"Ada tambahan namanya pos SAPA yaitu Sahabat Perempuan dan Anak. Jadi itu terkait kekerasan perempuan lebih khususnya pada saat di terminal atau angkutan umum seperti di bis AKAP," kata Kasubbag Tata Usaha UP Terminal Terpadu Pulo Gebang Junaedi, seperti dikutip Antara, Rabu (29/3/2023).

Adapun posko SAPA tersebut berada di lantai dua Terminal Terpadu Pulo Gebang, menyatu dengan pos pelayanan kesehatan. Lantaran, yang berjaga merupakan petugas pelayanan kesehatan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Baca Juga: SKB 3 Menteri Diteken, Cuti Bersama Idul Fitri Resmi Dimulai 19 April 2023

Selain itu, Terminal Terpadu Pulo Gebang tetap membuka posko berupa kanal aduan bagi masyarakat khususnya pemudik, untuk memastikan perjalanan mudik bisa berjalan lebih nyaman dan aman.

"Kami ada kanal aduan bisa langsung berikan pengaduan lewat nomor center, Instagram juga ada, email, atau kotak-kotak sarannya, biasanya pengguna ke call center atau center pengaduan juga ada," ujar Junaedi.

Begitupun dengan posko pelayanan kesehatan gabungan dengan dinas kesehatan akan dibuka saat masa angkutan lebaran 2023.

Baca Juga: Fitur Aplikasi Tol Kita, Bisa Cek Tarif Tol dan Pantau CCTV Lalin Secara Langsung

"Jadi memang untuk posko-posko saat mudik 2022 masih ada, kecuali barangkali yang booster mungkin nanti dilihat situasinya karena sudah pelonggaran PPKM. Khusus layanan kesehatan yang hariannya sudah ada, tapi kalo yang gabungan dengan dinas kesehatan dan sebagainya nanti pada saat masa angkutan lebaran," jelas Junaedi.

Beragam posko terpadu di Terminal Terpadu Pulo Gebang yang terkait dengan semua instansi seperti Dinas Kesehatan, kepolisian dan TNI mulai dibuka saat angkutan lebaran sekitar 14 April-2 Mei 2023.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x