Kompas TV olahraga sepak bola

Hari Ini, Erick Thohir Bertemu FIFA Bahas Nasib Piala Dunia U20: Ini Hal yang Tak Mudah

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 04:54 WIB
hari-ini-erick-thohir-bertemu-fifa-bahas-nasib-piala-dunia-u20-ini-hal-yang-tak-mudah
Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan bahwa FIFA akan memberikan bantuan senilai 5,6 juta dolar AS atau sekitar Rp86,5 miliar untuk membangun tempat pelatihan atau training camp. Hari ini, Rabu (29/3/2023) Erick Thohir dijadwalkan bertemu dengan FIFA di Doha Qatar, terkait kepastian penyelenggaraan Piala Dunia U20 2023.  (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir dijadwalkan melakukan negosiasi dengan FIFA di Doha, Qatar, terkait kepastian penyelenggaraan Piala Dunia U20, pada hari ini, Rabu (29/3/2023). 

Keberangkatan Erick ini merupakan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

"Saya sudah mendapat instruksi perintah dari Bapak Presiden (Jokowi) untuk segera bertolak dan berdiplomasi untuk mencari solusi untuk sepak bola Indonesia," ujar Erick Thohir saat memberikan keterangan pers di sela pertandingan Timnas Indonesia vs Burundi, Selasa (28/3) malam, dikutip dari Tribunnews. 

Baca Juga: Polemik Israel di Piala Dunia U20, Erick Thohir akan Dengarkan Pandangan FIFA Terlebih Dahulu

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Lokal (LOC) Piala Dunia U20 2023 itu menyebut tugasnya ini bukan hal mudah. 

Dia meminta doa masyarakat Indonesia agar pulang dengan kabar terbaik. 

"Ini hal yang tidak mudah. Saya akan berusaha semaksimal mungkin," sambung Erick.

"Mohon doa untuk kami semua yang memang ditugaskan untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik bagi bangsa dan rakyat Indonesia. Saya harap ada doa dari seluruh masyarakat," imbuh Menteri BUMN itu.

Seperti yang diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U20 2023 di Bali karena adanya penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel oleh berbagai pihak.

Penyelenggaraan Piala Dunia U20 pun menjadi tidak jelas apakah bisa terlaksana pada 20 Mei mendatang dimana Indonesia sejatinya menjadi tuan rumah.

Erick juga mengaku belum bisa mengungkapkan secara lengkap solusi yang bisa dia tawarkan kepada FIFA. Ia mengaku akan mendengar pandangan FIFA terlebih dahulu. 

Baca Juga: Pernyataan Lengkap Presiden Jokowi soal Keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U20

Lain itu, Erick menyebut akan melakukan diplomasi ini sekitar pukul 13.00-17.00 waktu setempat. 

"Kan ini event-nya FIFA, jadi tentu kita harus mendengar pandangan dari  FIFA terlebih dulu, dan seperti apa konsekuensinya," ujar Erick Thohir.

"Nah disitulah baru mungkin kita bisa mulai berdiskusi mencari ruang bagaimana menghasilkan yang terbaik. Jadi, ya kalau ditanya detail saya belum siap, tentu besok kita lihat rencana pertemuan itu siang, jam 1-5," jelas dia.


 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x