Kompas TV pendidikan kampus

Calon Mahasiswa, Perhatikan 3 Langkah Penting Ini setelah Lolos SNBP

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 06:40 WIB
calon-mahasiswa-perhatikan-3-langkah-penting-ini-setelah-lolos-snbp
Ilustrasi. Bagi calon mahasiswa yang lolos SNBP hari ini, Selasa (28/3/2023), setidaknya ada 3 langkah penting yang perlu diperhatikan. (Sumber: Freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) perlu memperhatikan beberapa hal agar proses registrasi di perguruan tinggi negeri (PTN) lancar.

Berdasarkan peraturan dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), calon mahasiswa yang lolos SNBP tidak diizinkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

"Sudah diterima di jalur SNBP 2023 tetapi tidak melakukan daftar ulang atau registrasi ke PTN tujuan, maka yang bersangkutan tidak diizinkan untuk mendaftar UTBK SNBT," kata Ketua Pelaksana Eksekutif SNPMB, Prof Budi Prasetyo Widyobroto dalam acara Sosialisasi Jalur Penerimaan Universitas Indonesia 2023, Jumat (3/2/2023).

Baca Juga: Jika Tak Lolos SNBP, Ini Dua Jalur Lain Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Oleh karena itu, calon mahasiswa yang lolos SNBP setidaknya perlu memperhatikan tiga langkah penting berikut ini:

1. Baca peraturan penerimaan mahasiswa baru di PTN tujuan

Calon mahasiswa wajib membaca peraturan tentang penerimaan mahasiswa baru di laman resmi masing-masing PTN tujuan. Anda juga bisa mengecek informasi yang dibagikan melalui akun media sosial universitas, fakultas, bahkan jurusan atau departemen tujuan.

Saat ini banyak saluran informasi yang dapat dimanfaatkan calon mahasiswa untuk mendapatkan pemberitahuan terkait pemerimaan mahasiswa baru, termasuk di media sosial, di antaranya Instagram dan Twitter.

2. Lakukan verifikasi berkas

Calon mahasiswa yang lolos seleksi jalur SNBP perlu melakukan verifikasi berkas. Dokumen-dokumen syarat mengikuti SNBP yang telah diunggah sebelumnya akan diverifikasi oleh PTN tujuan.

Berkas yang diperiksa di antaranya rapor asli dan portofolio dari calon mahasiswa.

Baca Juga: Website Resmi Pengumuman Hasil Seleksi SNBP 2023, Bisa Akses 39 Link Ini!

3. Registrasi atau daftar ulang

Jangan lupa melakukan daftar ulang atau registrasi di masing-masing kampus. Sebab, jika tak melakukan daftar ulang, kesempatan untuk masuk PTN tujuan akan tertutup.

Apabila peserta telah diterima di jalur undangan ini, ia tidak diizinkan mendaftar tes seleksi nasional atau UTBK SNBT. 

Ketentuan itu berlaku bagi peserta yang telah lolos SNBP 2023 maupun SNMPTN tahun 2021 dan 2022 yang tidak melakukan daftar ulang atau registrasi ke PTN tujuan.

Anda juga bisa langsung datang ke kampus tujuan apabila ingin bertanya seputar penerimaan mahasiswa baru. Biasanya, bagian akademik dan kemahasiswaan akan dengan senang hati menjawab pertanyaan-pertanyaan dan memberi tahu kanal resmi yang bisa dijadikan acuan sumber informasi bagi calon mahasiswa.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x