Kompas TV regional jawa timur

Berkah Ramadan, Penjualan Kurma Meningkat Drastis

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 17:59 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Berkah Bulan Ramadan dirasakan oleh penjual kurma di Kota Malang. Di bulan puasa kali ini, penjualan kurma meningkat hingga 100% dibandingkan hari biasa. 

Tak henti hentinya para pembeli keluar masuk dari sebuah toko yang menjual kurma di Jalan Yulius Usman Kota Malang. Bagi sebagian orang di Bulan Ramadan seperti saat ini, mengonsumsi kurma sebelum berbuka puasa atau menjadikannya takjil menjadi hal yang kerap dilakukan. 

Karena itulah tak heran jika banyak masyarakat yang memburu kurma di Kawasan Embong Arab Kota Malang.

Zakaria, salah satu pedagang kurma mengaku, peningkatan penjualan kurma di tokonya sudah terjadi sejak lima hari menjelang bulan puasa hingga saat ini. Dalam sehari 5 kwintal kurma bisa habis terjual. 

Untuk kurma yang dijual juga beragam, mulai dari yang curah dari harga Rp 30 ribu hingga Rp 300 ribu per kilogram. Ada juga kurma dalam kemasan seharga Rp 195 ribu hingga Rp 1.100.000 untuk kurma kemasan 5 kilogram. Sedangkan untuk kurma yang paling banyak diminati masyarakat adalah kurma jenis sukkari.

"Peningkatan terjadi sejak lima hari sebelum puasa, peningkatan hingga 100%," Kata Zakaria.

Sementara itu menurut Syafi'i salah satu pembeli mengaku, kurma menjadi takjil pilihannya saat bulan puasa, hal tersebut menurutnya sesuai dengan sunnah nabi. 

"Beli kurma buat persiapan buka puasa,sesuai dengan Sunnah Nabi sebelum berbuka diawali kurma dulu," ujar Syafi'i.

Sebelum bulan Ramadan, pedagang kurma sendiri sudah mengantisipasi lonjakan pembeli seperti saat ini. 10 ton kurma telah disiapkan untuk memenuhi permintaan. 

Bahkan hingga saat ini pedagang juga masih terus menambah pasokan kurma karena tingginya permintaan. 

#penjualankurma #takjilramadan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x