Kompas TV regional berita daerah

Tradisi "Blangekhan" Sambut Ramadan di Lampung

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 13:36 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Kekhatuan Semaka Bandar Negeri Semuong, Kabupaten Tanggamus Lampung menggelar Blangekhan sebagai tradisi menyambut bulan suci ramadan bagi masyarakat Lampung.

Tradisi ini bermaksud menyucikan diri oleh masyarakat dengan dilengkapi sejumlah rangkaian adat seperti Tarian Igol, salah satu tarian tertua di Lampung Pesekh yang selanjutnya dilakukan penyiraman air bunga kepada warga oleh para tokoh adat dengan diiringi lantunan syair yang berisi doa keselamatan.

Baca Juga: Menteri BUMN dan Wakil Gubernur Lampung Resmikan Masjid BSI Bakauheni

Tradisi "blangekhan"  sendiri sudah ada sejak zaman nenek moyang bagi masyarakat Lampung yang dilakukan sebagai simbol membersihkan pikiran dan hati untuk menghadapi bulan ramadhan agar ibadah puasa berjalan lancar terlepas dari godaan dan diberi keselamatan.

"Salah satu tradisi Lampung di zaman nenek moyang setiap bulan suci ramadan untuk membersihkan diri," ujar Pun Sahlan, Pengurus Meusium Kekhatuan Semaka Tanggamus.

Tradisi Blangekhan yang digelar setiap tahunnya ini selalu mengundang antusias warga yang ikut serta menyaksikan serta turut menyucikan diri.

#tradisi #blangekhan #tanggamus



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x