Kompas TV regional berita daerah

Robot Gamelan Udinus Mampu Tabuh Gamelan Secara Otomatis

Kompas.tv - 20 Maret 2023, 18:20 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG,KOMPAS.TV - Inovasi robot gamelan yang diberi nama Robot Gamelan Sekar Nuswantoro ini tidak menggantikan karawitan yang asli, namun berbeda dalam fungsinya. Robot yang diciptakan dari kolaborasi antara dosen dan mahasiswa ini, memiliki tujuan untuk menyambut tamu dan agar masyarakat lebih mudah untuk mendengarkan suara gamelan.

Robot ini tak hanya bisa memainkan musik gamelan sendiri, namun juga bisa mengiringi sinden atau penyanyi langgam Jawa. Rektor Udinus, Edi Noersasongko mengatakan, robot gamelan diciptakan sebagai salah satu bentuk penyelarasan dua teknologi masa yang berbeda dan nguri-uri budaya. Rencananya pihak kampus akan memberikan salah satu robot kebanggaan ini kepada Presiden Joko Widodo, serta Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim agar bisa dikenal oleh Unesco sebagai kebanggaan negara.

“Gamelan itu kan teknologi masa lalu, dan robot itu kan masa depan. Dan tugas perguruan tinggi itu mensinkronkan teknologi masa lalu dan masa depan agar selaras untuk kepentingan bangsa,” kata Edi Noer Sasongko.

Dosen sekaligus engineer team Robot Gamelan Sekar Nuswantoro, Arry Maulana Syarif mengatakan, pembuatan robot gamelan ini sebagai bentuk nguri-uri budaya. Robot gamelan ini merupakan evolusi dari sejumlah riset gamelan yang dilakukan oleh Udinus. Robot gamelan yang digarap oleh 5 dosen dan 21 mahasiswa ini, sudah didaftarkan ke Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

“Ini evolusi, dari gamelan ke smart gamelan kemudian ke gamelan metaverse dan yang terkahir gamelan robot,” ucap Arry Maulana Syarif.

Salah seorang mahasiswa mengaku, mendapat pengalaman baru dengan bergabung dalam tim robot gamelan ini. Dia mengaku tertarik karena bisa menggabungkan teknologi dan tradisi.

“Untuk (bentuk) ini-nya, kan fisik ya hardware, jarang banget ya mengembangkan hardware apalagi nyambung dengan tradisional Indonesia. Untuk cara kerjanya nanti aplikasinya mengirimkan notasi ke robot,” ujar Permana Langgeng, mahasiswa.

Robot gamelan ini diklaim sebagai yang pertama di Indonesia. Dan robot ini kali pertama ditampilkan pada wisuda ke-77 kampus Udinus.

#semarang #robotgamelan #mahasiswa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x