Kompas TV regional berita daerah

Warga Tinggal Dekat Depo Pertamina Pengapon Siap Direlokasi

Kompas.tv - 20 Maret 2023, 16:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kampung Purnasari, Kelurahan Kemijen, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah, lokasinya persis di sebelah utara Depo Pengapon milik Pertamina. Perkiraan jarak dari pagar Depo Pengapon dengan permukiman warga kurang dari 10 meter saja.

Bahkan dari jalan kampung ini terlihat jelas tangki-tangki penampung Bahan Bakar Minyak (BBM) milik Depo Pengapon yang hanya dipagari oleh kawat. Tak jarang bau BBM tercium cukup menyengat di jalan kampung ini.

Meski mengaku sudah terbiasa tinggal di dekat depo Pertamina, warga merasa tetap khawatir setelah kejadian kebakaran di Plumpang beberapa waktu lalu, walau telah tinggal selama puluhan tahun. Seperti Siti, salah seorang warga yang sudah 20 tahun lebih tinggal di kampung ini dan mengaku khawatir setelah kejadian Plumpang.

“Saya sudah terbiasa tinggal di sini, jadi masih nyaman gitu. Dulu pernah ada kabar akan direlokasi, sudah lebih dari 10 tahun yang lalu,” kata Siti.

Walaupun wacana relokasi sempat terdengar dan warga sempat membentuk tim perwakilan untuk rencana relokasi tersebut, tapi hingga kini belum ada kejelasannya.

“Kami mau direlokasi sekitar 50 meter dari pagar. Sempat diukur juga. Tapi setelah itu ada kejadian kebakaran Pertamina Cilacap. Lalu kabar itu hilang,” ujar Supriyantoko, Ketua RW II.

Setelah kejadian kebakaran di Plumpang, sampai saat ini warga Kampung Purnasari belum mendapat imbauan atau sosialisasi terkait relokasi. Namun, warga tetap waspada dan saling mengingatkan, seperti larangan menyalakan petasan dan kembang api agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

#pertamina #relokasi #depopengapon



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x