Kompas TV internasional kompas dunia

Memprihatinkan! Orang Tua di Korea Utara Telantarkan Anak ke Panti Asuhan karena Kelaparan

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 18:20 WIB
memprihatinkan-orang-tua-di-korea-utara-telantarkan-anak-ke-panti-asuhan-karena-kelaparan
Ilustrasi anak-anak Korea Utara tengah bersekolah. (Sumber: AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

PYONGAN, KOMPAS.TV - Angka anak yatim piatu di panti asuhan di Korea Utara dilaporkan meningkat setelah banyak orang tua menelantarkan anak-anak mereka di tempat itu pada malam hari.

Menurut sumber Radio Free Asia di negara tersebut, penelantaran itu terjadi karena kelaparan yang menerpa negara tertutup tersebut.

Sang sumber mengungkap, jika anak mereka berada di panti asuhan, para orang tua menganggap, setidaknya anak-anak mereka akan diberi makan dan diurus.

Aksi putus asa tersebut dilakukan karena kepercayaan bahwa panti asuhan menerima pasokan makanan dan obat-obatan yang didonasikan oleh masyarakat internasional.

Baca Juga: Heboh Pemadam Kebakaran China Lakukan Penyelamatan meski Nyaris Beku, Dielukan sebagai Pahlawan

“Pada pagi (27 Februari), seorang pegawai panti asuhan di Pukchang menemukan bocah perempuan dua tahun berbaring di pintu depan panti,” kata warga daerah di Pyongan Selatan itu.

Sumber tersebut mengatakan, perempuan yang kelaparan secara diam-diam meninggalkan anak mereka pada malam hari atau pada dini hari.

Setelah itu, para perempuan itu kemudian menghilang tanpa jejak.

“(Mereka) tahu bahwa komunitas internasional telah mengirim banyak hal seperti makanan, minyak, dan baju ke panti asuhan selama beberapa tahun, jadi setidaknya anak-anak tersebut tak kelaparan,” katanya.

Korea Utara mengalami kekurangan makanan yang kronis sejak runtuhnya Uni Soviet pada 1990-an.

Kondisi itu diperparah dengan pandemi Covid-19, di mana Korea Utara dan China menutup perbatasan mereka dan menghentikan semua kegiatan perdagangan.



Sumber : Radio Free Asian


BERITA LAINNYA



Close Ads x