Kompas TV nasional peristiwa

Kepolisian RI Prediksi Pemudik Tahun Ini Meningkat Drastis, Ini Alasannya

Kompas.tv - 15 Maret 2023, 08:49 WIB
kepolisian-ri-prediksi-pemudik-tahun-ini-meningkat-drastis-ini-alasannya
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan keterangan kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/1/2023). (Sumber: KOMPAS/HERU SRI KUMORO)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

BANDUNG, KOMPAS.TV - Kepolisian RI (Polri) memperkirakan jumlah pemudik pada Idulfitri 2023 akan meningkat drastis. Koordinasi intensif dengan instansi terkait pengamanan mudik akan dilakukan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan Polri menyiapkan skenario lalu lintas yang berbeda untuk menghadapi para pemudik yang akan melintas baik di jalan tol maupun jalur arteri pada Idulfitri mendatang.

Tindakan ini dilakukan karena survei menampilkan jumlah pemudik pada tahun 2023 diperkirakan akan melonjak dengan angka yang signifikan.

Jenderal Listyo Sigit berharap Polri dapat memaksimalkan pengalaman mudik pada tahun 2023 dan mengulangi kesuksesan tahun lalu.

Baca Juga: Kapolri Prediksi Pemudik Lebaran 2023 Capai 123 Juta Orang

"Hasil survei yang sudah dilakukan jumlah pemudik tahun 2023 ini akan melonjak dengan angka tinggi, diharapkan pengalaman mudik di tahun 2022 Polri telah sukses melancarkan jalur mudik, dan tentunya untuk di tahun 2023 ini bisa kita maksimalkan dan sukses dari pada tahun kemarin." kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/3/2023), dikutip dari Kompas.com.

Kapolri juga menghimbau kepada Kapolda, Kapolres dan Kapolsek di seluruh Indonesia untuk melakukan persiapan matang dalam menghadapi agenda besar seperti ASEAN Summit, arus mudik, arus balik dan pengamanan serta pengaturan lalu lintas di tempat wisata.

Listyo Sigit juga menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik yang lebih baik sehingga masyarakat dapat patuh dan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Bersamaan dengan pembukaan Rapat Kerja Teknis jajaran Korps Lalu Lintas Polri di Kota Bandung, Polri juga meluncurkan Elektronik Samsat Digital (E-SIGNAL) yang memungkinkan perpanjangan STNK secara online, sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam pelayanan perpanjangan STNK.

Baca Juga: Kemenhub Kembali Buka Program Mudik Gratis untuk Sepeda Motor via Kapal Laut dan Kereta Api

Dalam kegiatan itu, Listyo juga meluncurkan layanan E-AVIS untuk panduan masyarakat yang ingin memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dalam bentuk e-book.

Listyo menegaskan bahwa pihak kepolisian berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik lagi.

Ia akan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Intinya kami melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, sehingga memudahkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kami sebagai Polri." tutup Kapolri.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x