Kompas TV nasional jejak kasus

Laju Pesat Roda Dua - JEJAK KASUS

Kompas.tv - 9 Januari 2019, 19:00 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor :

Laju pertumbuhan sepeda motor di Indonesia semakin tak terkendali, setiap tahun mengalami peningkatan, rata-rata per tahun mencapai kurang lebih 6 juta sepeda motor masuk pasar otomotif. Menurut catatan Dirlantas Polda Metro Jaya di wilayah Jabodetabek dan sekitar terdapat 14.601.619 sepeda motor.

Industri sepeda motor menganggap bahwasannya pasar Indonesia masih menjanjikan dan masih diminati oleh masyarakat. Sepeda motor menjadi pilihan utama masyarakat karena dianggap lebih efisien dan proses untuk mendapatkannya relatif mudah serta harganya yang terjangkau oleh masyarakat.

Namun di balik itu semua sepeda motor bisa menjadi petaka, sekitar 70% kecelakaan lalu lintas di Indonesia melibatkan sepeda motor. Berdasarkan data 5 tahun terakhir kontribusi keterlibatan sepeda motor dalam laka lantas sangat tinggi. Di Jakarta dan sekitarnya setiap hari 3 orang meninggal dunia di jalan raya akibat kecelakaan lalu lintas. Penyebab laka lantas yang melibatkan sepeda motor diawali dengan adanya pelanggaran lalu lintas yang sering dilanggar oleh pengendara sepeda motor.

Guna mengurangi angka kecelakaan dan angka pelanggaran pihak kepolisian bekerjasama dengan komunitas motor untuk melakukan kampanye safety riding ke masyarakat, seperti yang dilakukan oleh komunitas Independent Biker Club melakukan kampanye safety riding kepada anak-anak sekolah dasar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x