Kompas TV olahraga sepak bola

Rumput GBK Rusak usai Konser Blackpink, Erick Thohir: Tak Boleh Digunakan hingga Piala Dunia U20

Kompas.tv - 13 Maret 2023, 21:29 WIB
rumput-gbk-rusak-usai-konser-blackpink-erick-thohir-tak-boleh-digunakan-hingga-piala-dunia-u20
Arsip foto Stadion Gelora Bung Karno, markas Timnas Indonesia di kompetisi Piala AFF 2022. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) tidak boleh digunakan untuk menggelar event atau acara lain hingga Piala Dunia U20 2023 mendatang. 

Keputusan tersebut diambil menyusul kondisi rumput GBK yang rusak pasca digunakan menggelar konser musik girl band asal Korea Selatan, Blackpink selama dua hari, Sabtu (11/3/2023) dan Minggu (12/3/2023). 

Seperti diketahui, Stadion GBK menjadi salah satu venue yang akan dalam gelaran Piala Dunia U20 2023 yang mulai bergulir pada 20 Mei mendatang. 

Adapun, Stadion GBK merupakan tempat opening ceremony atau upacara pembukaan Piala Dunia U20 2023. 

Baca Juga: Polisi Selidiki Dugaan Penipuan Calo Tiket Konser BLACKPINK, Total Kerugian Capai Rp172 Juta

Terlebih, pada 21 Maret mendatang, perwakilan FIFA akan meninjau langsung kesiapan stadion-stadion bakal digunakan untuk Piala Dunia U20 2023.

Dalam tinjauan langsungnya ke GBK hari ini, Senin (13/3/2023), Erick Thohir menyebut kondisi rumput memang kritis dan memprihatinkan.

"Intinya, tadi saya sudah bicara dengan Direksi GBK. Apa pun yang sudah dijalankan selama ini harus kita pertahankan sama-sama dan tentu perbaikan harus dilakukan karena ini kondisi yang critical," kata Erick Thohir, Senin (13/3) dikutip dari Antara News. 

"Ini merupakan mega lapangan di Indonesia yang sangat penting bagi kejuaraan dunia. Di sini akan ada opening dan juga hal-hal pembukaan lain."

Baca Juga: Persiapan Jelang Piala Dunia U-20, Erick Thohir Pastikan 6 Stadion Tak Ada yang Dicoret!

"Jadi saya harus ambil posisi tidak ada event lagi di sini, apakah event olahraga, event kesenian, tidak ada," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Erick Thohir juga menegaskan bahwa perawatan rumput Stadion GBK sangat kompleks. Terlebih, menurut pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu, standarisasi FIFA juga semakin tinggi. 

Meski demikian, Erick Thohir juga mengatakan Stadion GBK hanya perlu perbaikan rumput saja. 

"Ya saya rasa rumput saja. Dan ini cuma masalah keseriusan kita bekerja sama dan saya yakin di bawah pimpinan Pak Heru (Budi Hartono) sebagai Plt Gubernur (DKI Jakarta), beliau pasti merupakan kepanjangan tangan yang menjaga harkat dan martabat Jakarta harus menjadi tempat opening," yakin sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut.

Baca Juga: Piala Dunia U20 2023: Daftar Lengkap Tim Lolos, Waktu Drawing Fase Grup & Regulasi Skuad


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x