Kompas TV regional berita daerah

Penanganan Stunting Kota Semarang Jadi Rujukan

Kompas.tv - 10 Maret 2023, 17:48 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kepala BKKBN Pusat Hasto Wardoyo membuka pembekalan dan orientasi Tim Pendampingan Keluarga (TPK) di Aula Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, pada hari Kamis (09/03/2023).

Pada kesempatan itu, Hasto mengapresiasi penanganan stunting di Kota Semarang yang dinilai berhasil, sehingga angka stunting bisa turun hingga 10,9 persen. Hasto menyatakan, penanganan stunting oleh Pemkot Semarang bisa menjadi percontohan dan rujukan bagi pengendalian stunting di Indonesia.

“Semarang menjadi contoh, karena jang sekali kota atau kabupaten yang membuat semacam daycare, yang kemudian bisa mengurus sampai memfollow up, ” ucap Hasto Wardoyo.

Menanggapi pujian dari BKKBN. Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, yang biasa dipanggil Mbak Ita mengatakan, treatment dalam mengatasi stunting di masing-masing daerah bisa berbeda, karena kasus stunting tidak hanya permasalahan gizi, melainkan juga pola asuh.

Dicontohkannya, penanganan kasus stunting di Kecamatan Semarang Barat akan berbeda dengan di Semarang Utara. Sebagai daerah industri dengan banyak ibu bekerja, Kecamatan Semarang barat, terutama Kelurahan Kalipancur dan Kelurahan Manyaran dipilih sebagai lokasi pertama rumah Pelita dengan penanganan terintegrasi, mulai dari pemenuhan gizi dan pola asuh.

Berbeda dengan kondisi di Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara karena kemampuan dan tingkat kemiskinan sehingga gizinya kurang, meski pendampingan orang tua ada. Meski demikian, Mbak Ita berharap secara merata nantinya rumah Pelita akan hadir di setiap kecamatan dengan pendampingan mulai pengasuh, juru masak yang didampingi oleh ahli nutrisi dari Dinas Kesehatan, dokter anak, psikolog untuk IQ, terapis untuk motorik, bidan untuk umum hingga psikolog.

Pihaknya pun menyambut baik dibentuknya Tim Pendampingan Keluarga (TPK) yang tentu saja akan menambah kekuatan di dalam upaya mempercepat penanganan stunting di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah.

‘’Keberadaan TPK yang terdiri dari bidan, Kader PKK dan Kader KB ini akan menjadi tambahan support dan suplemen bagi percepatan penurunan stunting di Kota Semarang. Kader TPK akan mengedukasi dan mendampingi ibu hamil, anak stunting serta remaja siap menikah,’’ terang Mbak Ita.

Pembekalan diberikan kepada 3.822 orang Tim Pendampingan Keluarga (TPK) mulai tanggal 2-21 Maret 2023 di 16 kecamatan dan 177 kelurahan. Terbagi dalam 76 kelas atau angkatan pendampingan terdiri dari para bidan, TP PKK dan Kader KB, IMP sebanyak masing-masing 1.274.

Harapannya pembekalan ini bisa menjadi modal bagi anggota TPK dalam mengedukasi persiapan menu sehat di rumah sendiri seperti sosialisasi dashat berupa edukasi cara pengolahan dan pemberian makan yang tepat pada anak serta pemberian paket protein telur, ayam, ikan dan lainnya.

‘’Sejak ibu hamil, suplemen dan gizinya harus terpenuhi dimana makanan sehat tidak harus mahal, bisa mengkonsumsi daun kelor, lelé dan lainnya,’’ Tutur Mbak Ita

TPK, merupakan kelanjutan berbagai program penanganan stunting di Kota Semarang seperti pemberian vitamin, kie (komunikasi, informasi, dan edukasi), program dashat (dapur sehat atasi stunting). Selain itu, pihaknya juga melakukan upaya preventif dengan pendampingan awal bagi calon pengantin, ibu hamil, pasca bersalin dan balita beresiko stunting serta pendirian rumah gizi dan daycare Rumah Pelita Nusantara.

#rumahpelita #semarang #stunting 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x