Kompas TV nasional politik

Zainudin Amali Resmi Kirimkan Surat Pengunduran Diri sebagai Menpora ke Mensesneg

Kompas.tv - 9 Maret 2023, 12:40 WIB
zainudin-amali-resmi-kirimkan-surat-pengunduran-diri-sebagai-menpora-ke-mensesneg
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali berbicara kepada media seusai laga semifinal Piala AFF 2022 leg pertama antara Indonesia vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan Breaking News KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Zainudin Amali telah resmi menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Kamis (9/3/2023). 

Baca Juga: Jokowi Belum Terima Surat Pengunduran Diri Menpora Zainudin Amali

"Pagi ini saya baru saja bertemu Pak Mensesneg. Saya mengantarkan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga," kata Zainudin.

Politikus Partai Golkar itu mengatakan, dirinya masih harus bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan surat tersebut. Pertemuan itu direncanakan bakal berlangsung pada Senin (13/3/2023) mendatang.

"Dan tentu itu masih berupa surat. Memang saya masih harus bertemu Bapak Presiden. Sekarang beliau sedang tidak ada, maka kemungkinan saya dijadwalkan hari Senin akan bertemu Pak Presiden," ujarnya. 

Ia mengaku tak mengetahui ihwal sosok yang akan mengggantikan dirinya sebagai menpora nantinya. Sebab itu merupakan hak prerogatif dari seorang kepala negara. 


"Jadi teman-teman nanyakan kapan antar suratnya, hari ini tanggal 9 Maret, Kamis, saya sudah antarkan, tinggal tunggu aja, kan keputusan ada di Bapak Presiden," katanya. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan belum menerima surat pengunduran diri Zainudin Amali sebagai Menpora. 

Oleh sebab itu, Presiden mengisyaratkan penggantian Zainudin Amali belum bisa dilakukan.

"Belum, belum. Sampai saat ini belum ada surat (pengunduran diri) ke Pak Mensesneg dari Pak Menpora. Belum ada," ujar Jokowi, Kamis (2/3/2023).

Baca Juga: Ma'ruf Amin Bicara Potensi Jokowi Lakukan Reshuffle Usai Zainudin Amali Mundur dari Menpora

"Suratnya belum ada kok diganti," kata Jokowi saat ditanya soal mekanisme penggantian Menpora.

Zainudin Amali mengajukan pengunduran diri sebagai Menpora karena terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I PSSI periode 2023-2027 pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Jakarta, 16 Februari 2023.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x