Kompas TV regional peristiwa

Viral Event Motor Trail Rusak Bunga Edelweis Rawa di Ranca Upas, Bupati Bandung Buka Suara

Kompas.tv - 8 Maret 2023, 15:14 WIB
viral-event-motor-trail-rusak-bunga-edelweis-rawa-di-ranca-upas-bupati-bandung-buka-suara
Video memperlihatkan seorang pria murka karena sebagian lahan di kawasan Ranca Upas, Bandung, yang ditanami bunga edelweis rawa, rusak disebabkan kegiatan motor trail. (Sumber: ANTARA/Tiktok/mang_uprit_mangprang79.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

BANDUNG, KOMPAS.TV - Video yang memperlihatkan seorang pria marah karena lahan di kawasan Ranca Upas, Bandung, yang ditanami bunga edelwies rawa hancur akibat kegiatan motor trail viral di media sosial. 

Dalam video yang berdurasi empat menit itu, pria yang diketahui bernama Supriatna alias Uprit menyebut bahwa kerusakan lingkungan itu diakibatkan oleh kegiatan motor trail.

Uprit yang merupakan salah satu orang yang membudidayakan bunga itu di Ranca Upas mengungkapkan kekecewaannya terhadap panitia dan pihak yang memberikan izin terkait event motor trail tersebut.

"Buat semuanya panitia event trail di Ranca Upas, khususnya pihak perhutani yang memberikan kebijakan, izin terkait acara tersebut lihat ini dampaknya seperti ini hancur, lihat sama mata anda hancur ga?" kata Uprit dalam video viral tersebut.

Dia mengungkapkan bunga yang dibudidayakan itu cukup langka karena hanya berada di dua lokasi di Jawa Barat.

"Dan lokasi ini mesti banyak rumput sudah saya tanam lagi saya kembangbiakkan di sini bunga rawa. Bunga ini di Indonesia ada dua tempat di Ranca Upas dan Danau Ciharus Kamojang, Garut," ujarnya.

"Lihat ini hancur, tumbuh lagi enggak? Susah (tumbuh lagi). Menghijaukan tempat ini lama, butuh waktu."

Uprit pun kemudian mengecam aksi ajang trail karena telah merusak lingkungan. 

"Anda (penyelenggara) pure-nya hanya ke bisnis tidak peduli ke lingkungan, paham gak kalian?" ucapnya.

Sementara itu, saat dihubungi Antara, Rabu (8/3), Uprit menyebut acara yang merusak itu diikuti lebih dari 100 motor. Dia mengatakan Bunga Rawa di Rancaupas itu tersebar di area 3-4 hektare.

"Yang terlindas itu sekitar 2.000 tanam mah ada," kata dia.

Dia pun mengaku saat ini sedang menanam ulang tanaman bunga rawa bersama berbagai pihak yang terlibat di lokasi yang rusak akibat kejadian itu.




Sumber : Kompas TVAntara


BERITA LAINNYA



Close Ads x