Kompas TV nasional rumah pemilu

Bakal Koalisi KIB atau KKIR, PDIP: Yang Pasti Tidak dengan Aliansi Parpol Dukung Anies Baswedan

Kompas.tv - 7 Maret 2023, 18:46 WIB
bakal-koalisi-kib-atau-kkir-pdip-yang-pasti-tidak-dengan-aliansi-parpol-dukung-anies-baswedan
Deddy Sitorus, jubir PDIP perjuangan di program Rumah Pemilu Kompas TV hari ini, Selasa (7/3/2023) (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - PDI Perjuangan membuka peluang berkoalisi untuk Pilpres 2024 dengan partai politik, baik dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) atau Koalisi Kebangkitan Bangsa Raya (KKIR). 

Hal itu diungkap oleh Deddy Sitorus, Jubir PDIP yang menyebut, kini pihaknya sedang menjajaki dengan dua koalisi itu dan memastikan tidak akan berjuang sendiri di Pilpres 2024.

Ketika ditanya lebih condong ke KIB atau KKIR, Deddy memastikan sampai saat ini belum diputuskan. 

Namun Deddy memastikan, PDIP tidak akan berkoalisi dangan parpol-parpol aliansi yang mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

"Yang pasti, tidak dengan aliansi parpol yang dukung Anies Baswedan," kata Deddy, Selasa (7/3/2023) di Program Rumah Pemilu Kompas TV.

Baca Juga: PPP dan PDIP Koalisi di Pilpres 2024, Politikus Achmad Baidowi: Cinta Lama Bersemi Kembali

Ia menyebut alasannya, terdapat perbedaan visi antara PDIP dengan aliansi pendukung Anies Baswedan yang berisikan Demokrat, Nasdem dan PKS dan bernama Koalisi Perubahan.

Kemudian, mengenai capres. PDIP memilih capres sesuai dengan instruksi Megawati Soekarnoputri, yakni kader PDIP sendiri. Sementara, parpol Koalisi Perubahan sudah bersepakat untuk mengusung Anies Baswedan.

"Karena apa? Secara visi dan kesepahaman sulit dicapai, kalau calon mereka kan sudah Anies. Mereka sudah putuskan itu fix, kira-kira itu," jelasnya. 

"Tidak masuk akal jika gitu (gabung koalisi parpol Anies Baswedan)," tambahnya.  

Baca Juga: Benarkah Prabowo dan Cak Imin Umumkan Pasangan Capres Jelang Puasa? Ini Jawaban PKB

Adapun untuk KIB sendiri yang terdiri dari Golkar, PAN dan PPP, sampai saat ini masih belum punya capres resmi. Namun disebut-sebut beberapa nama diajukan, mulai dari Airlangga Hartanto sampai Ganjar Pranowo. 

Sedangkan KKIR yang merupakan gabungan dari PKB dan Gerindra, koalisi ini sendiri juga masih belum pasti apakah nanti bakal memasang Prabowo Subianto ataukah Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Pilpres 2024. 

Aliansi pendukung Anies Baswedan yang terdiri dari Demokrat, PKS dan Nasdem disebut-sebut bakal mendeklarasikan Koalisi Perubahan tak lama lagi.

Belakangan, parpol pendukung Anies Baswedan ini juga mendapatkan dukungan lagi dari parpol peserta Pemilu 2024, yakni Partai Ummat yang didirikan Amien Rais. 


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x