Kompas TV regional berita daerah

Lewat Kompetisi, Kalphyco 2023 Kenalkan Fisika yang Lebih Menyenangkan

Kompas.tv - 7 Maret 2023, 15:46 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.TV - Ratusan pelajar tingkat SMP dan SMA se-Kalimantan bertanding dalam Kalimantan ’s Physics Competition atau Kalphyco 2023.

Tahun ini Kalphyco menyelenggarakan berbagai cabang perlombaan seperti roket air, olimpiade fisika, karya tulis ilmiah, essay dan poster digital.

Baca Juga: Advokasi Keamanan Pangan Terpadu, BBPOM dan Pemkot Banjarbaru Tegaskan Jajanan Anak Harus Sehat

Kegiatan tahunan yang diadakan oleh Program Studi Fisika Universitas Lambung Mangkurat ini, menurut Ketua Pelaksana, I Gusti Krisna Wijaya, agar dapat mengenalkan ilmu fisika kepada generasi muda, serta sebagai sarana peningkatan nilai kompetitif inovatif dan kreatif untuk mewujudkan generasi yang berdaya saing.

“kita mempromosikan juga program studi fisika ini, kan ada lomba roket air juga yang seru," ungkapnya.

Seorang peserta asal Tanah Bumbu, Krisna Mahahangga, yang mengikuti lomba roket air mengaku sudah membuat peluncur roket air sejak bulan Januari dan berhasil meningkatkan prestasinya dari tahun lalu.

“ya sesuai harapan, dari tahun kemarin ada peningkatan. Tahun lalu dapatnya 403 sekarang 322 lumayan peningkatannya," ucapnya kepada Kompas.tv.

Baca Juga: Deretan Kios di Banjarbaru ini Jual Hasil Panen Petani Lokal

Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan apresiasi bidang pendidikan, memasyarakatkan ilmu fisika melalui kegiatan yang menarik dan mengenalkan fisika yang tidak selalu tentang rumus.

Sehingga dapat menarik minat siswa serta menghasilkan sumber daya manusia yang dapat berperan serta dalam pembangunan daerah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x