Kompas TV regional berita daerah

Lestarikan Budaya Bali Melalui Lomba Baleganjur

Kompas.tv - 7 Maret 2023, 13:05 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

 

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Berbagai seni gerak dan tabuh ditampilkan para seniman baleganjur se Provinsi Bali, dalam lomba baleganjur regenerasi budaya di SMA N 2 Semarapura,  Kabupaten Klungkung,  Bali.

Lomba ini adalah semata-mata untuk pelestarian budaya Bali yang adiluhung, khususnya gamelan baleganjur yang sangat diminati utamanya kalangan muda dan pelajar di Bali.

Satu persatu para peserta menampilkan berbagai seni gerak dan tabuh untuk menarik perhatian dewan juri dan ratusan penonton yang hadir dalam perlombaan yang digelar di lapangan sekolah tersebut.

Seni dan budaya Bali menjadi hal wajib digeluti oleh kalangan muda Bali, yang nantinya akan sangat berguna selepas jenjang pendidikan SMA, utamanya di lingkungan kehidupan adat di Bali. Selain itu, seni dan budaya bali juga bisa dimanfaatkan bagi kepentingan pariwisata, serta mendukung program Pemerintah Propinsi Bali, untuk melestarikan budaya Bali.

Salah satu seniman tabuh mengatakan, kelompok senimannya datang dari Ungasan Badung untuk ikut berlomba baleganjur ini. Dengan menampilkan seni tabuh yang bertema budaya.

Untuk penilaian, para dewan juri memberikan penilaian seni tabuh, gerak dan kekompakan dalam setiap penampilannya yang menghasilkan gamelan apik yang enak didengar.

 

 

 

 

 

 

 

 

#lombabaleganjur  #sman2semarapura  #budayabali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x