Kompas TV nasional agama

Kapan Malam Nisfu Syaban, Pengertian, dan Keistimewaannya

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 20:41 WIB
kapan-malam-nisfu-syaban-pengertian-dan-keistimewaannya
Ilustrasi berdoa. Inilah doa kamilin yang dibaca usai salat tarawih (Sumber: Istimewa/Tribunnews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nisfu Syaban adalah istilah yang berasal dari bahasa Arab yang merujuk pada bulan Syaban dalam kalender Islam. Bulan Syaban merupakan salah satu bulan yang mulia karena terletak pada Rajab dan Ramadhan.

Pengertiannya adalah Nisfu Syaban merujuk pada malam-malam terakhir di bulan Syaban, tepatnya malam ke-15. Lantas kapan Nifsu Syaban 1444H atau 2023 jatuh?

Nisfu Syaban 2023 akan jatuh pada Rabu, 8 Maret 2023 mendatang. Berarti malam Nisfu Syaban akan jatuh pada Selasa, 7 Maret 2023 setelah waktu Magrib hingga Rabu sebelum Magrib. 

Umat Muslim mempercayai malam tersebut sebagai malam yang penuh berkah dan ampunan sehingga dianjurkan untuk memperbanyak doa dan beramal baik.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Puasa Syaban, Dilengkapi Niat Puasa dan Malam Nisfu Syaban

Memeringati malam Nisfu Syaban hukumnya adalah sunnah. Seperti dilaporkan NU Online menyitir kitab Qalyubi wa ‘Umairah.

"Disunnahkan menghidupkan malam hari raya, Idulfitri dan Iduladha, dengan berzikir dan salat, khususnya salat tasbih. Sekurang-kurangnya adalah mengerjakan salat Isya berjamaah dan membulatkan tekad untuk salat Shubuh berjamaah. Amalan ini juga baik dilakukan di malam Nisfu Syaban, awal malam bulan Rajab, dan malam Jumat karena pada malam-malam tersebut doa dikabulkan."

Amalan yang sebaiknya dilakukan pada malam Nisfu Syaban

Malam Nisfu Syaban adalah malam yang dipercayai memiliki keutamaan dan keberkahan dalam Islam. Berikut adalah beberapa amalan yang dianjurkan pada malam Nisfu Syaban:

Memperbanyak shalat

Pada malam Nisfu Syaban, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak shalat, terutama shalat sunnah seperti shalat Tahajud, shalat Witir, dan shalat sunnah malam lainnya.

Baca Juga: Nisfu Syakban adalah Lailatul Ijabah, Apa Artinya?

Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran pada malam Nisfu Syaban juga dianjurkan, karena dipercayai bisa membawa berkah dan keberkahan. Umat Muslim bisa memilih untuk membaca Al-Quran secara sendiri-sendiri atau bersama-sama dengan keluarga atau komunitas.

Meningkatkan ibadah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x