Kompas TV regional berita daerah

Tingkatkan Disiplin, SMK di Temanggung Terapkan E-Presensi

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 15:01 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhumi Phala (Mipha) Parakan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melakukan sejumlah metode untuk menempa kedisiplinan siswa. Pihak sekolah bahkan mengembangkan aplikasi bernama Mipha Smart Book untuk memantau kehadiran siswa di sekolah. Aplikasi ini hanya berlaku untuk warga sekolah.

Sebelum masuk sekolah, para siswa terlebih dahulu memindai kode batang (barcode) di dalam aplikasi. Saat pulang sekolah siswa juga melakukan hal yang sama. Laporan jam masuk dan pulang sekolah siswa ini bisa diakses oleh orang tua. Pelanggaran aturan sekolah yang dilakukan siswa juga dapat dilihat di aplikasi dan menjadi pemberitahuan bagi siswa dan orang tua.

“Tujuan aplikasi ini adalah untuk mengontrol tingkat kedisiplinan siswa,” ucap Slamet Purwanto, Kepala SMK Mipha Parakan.

Kehadiran aplikasi Mipha Smart Book ditanggapi positif oleh para orang tua. Aktivitas dan kedisiplinan siswa bisa terpantau setiap saat, dan orang tua bisa segera berkomunikasi dengan pihak sekolah jika ada pelanggaran.

“Aplikasi ini untuk meningkatkan kedisiplinan. Kita bisa mengetahui poin-poin kita. Jadi kalau poin kita bertambah, orang tua langsung tahu,” kata Citra Putri, siswa.

Muhyidin Sofwan, salah satu orang tua siswa menyampaikan aplikasi tersebut sangat membantu karena anak akan selalu bisa dipantau oleh orang tua.

“Kalau anak belum sampai rumah, kita bisa mantau anak itu ke mana,” ujar Muhyidin.

Aplikasi Mipha Smart Book sudah dikembangkan selama enam bulan dan mulai diterapkan bulan Maret ini. Pemantauan jam masuk siswa, guru serta karyawan juga dilakukan melalui aplikasi ini.

#temanggung #siswa #smk



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x