Kompas TV nasional update

Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jokowi Ungkap Soal Buffer Zone: Belum Sampai Cari Solusi

Kompas.tv - 5 Maret 2023, 11:23 WIB
usai-kebakaran-depo-pertamina-plumpang-jokowi-ungkap-soal-buffer-zone-belum-sampai-cari-solusi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) ungkap soal buffer zone 50 meter saat tinjau pengungsian warga korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta, Minggu (5/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Nadia)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi posko pengungsian korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Ahad (5/3/2023). Dalam kunjungan itu Jokowi mengungkapkan tentang Buffer Zone 50 meter di sekitar area Depo.

"Dulu memang sudah direncanakan untuk dibuat air di kanan-kirinya, (seperti -red) sungai. Tetapi memang belum sampai pada titik mencarikan solusi bagi penduduk yang ada di situ," jelas Presiden Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan, Minggu (5/3) dipantau dari Breaking News Kompas TV.

Ia menuturkan, zona di sekitar Depo Pertamina Plumpang atau Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang itu mestinya adalah zona air untuk melindungi masyarakat di sekitarnya dari musibah, termasuk kebakaran.

"Memang zona ini harusnya zona air, entah dibuat sungai, entah dibuat (yang lain -red) untuk melindungi obyek vital yang kita miliki," terang Gubernur DKI Jakarta periode 2005-2012 itu.

"Karena barang-barang di dalamnya memang sangat berbahaya untuk berdekatan dengan masyarakat, apalagi dekat dengan pemukiman penduduk," imbuhnya.

Baca Juga: Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jokowi Minta Erick Thohir dan Heru Budi Cepat Putuskan Solusi

Ia pun memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk segera mencarikan solusi, baik memindahkan lokasi Depo Pertamina Plumpang ke wilayah reklamasi atau merelokasi warga sekitar depo yang terdampak kebakaran pada Jumat (3/3) lalu.

"Saya sudah perintahkan kepada Menteri BUMN dan juga Gubernur DKI untuk segera mencari solusi dari kejadian yang terjadi di Plumpang," kata Presiden Jokowi.

"Bisa saja Plumpangnya (Depo Pertamina Plumpang -red) yang digeser ke reklamasi, atau penduduknya yang digeser ke relokasi," ujarnya.

Baca Juga: Keluarga Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Diharap Segera ke Posko Antemortem, Ada Apa?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x