Kompas TV nasional hukum

Geng di Ditjen Pajak Punya Pola Sangat Canggih untuk Samarkan Harta Kekayaan, KPK Bakal Bongkar

Kompas.tv - 3 Maret 2023, 10:43 WIB
geng-di-ditjen-pajak-punya-pola-sangat-canggih-untuk-samarkan-harta-kekayaan-kpk-bakal-bongkar
Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan saat konfrensi pers di gedung Merah Putih KPK, Rabu (1/3/2023). (Sumber: YouTube KPK)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan ada 'geng' di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Geng itu disebut memiliki pola yang sangat canggih untuk urusan menyamarkan harta kekayaannya.

Baca Juga: Duh, Ada "Geng" Rafael di Ditjen Pajak Kemenkeu yang Lihai Alirkan Dana, KPK Usut Polanya

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan.

Pahala menjelaskan, geng di Ditjen Pajak tersebut tidak merujuk pada kelompok atau komplotan sejumlah orang seperti layaknya anak sekolah.

Ia menuturkan, sejumlah orang-orang di kementerian tersebut saling berhubungan lantaran memiliki irisan riwayat pendidikan dan karier.

Pahala mengaku tengah memahami dan mempelajari secara utuh pola-pola yang digunakan mereka untuk menyamarkan sejumlah aset yang dimilikinya.

Namun, sejauh ini ia mengaku belum berhasil memahaminya. Menurut dia, membutuhkan waktu cukup lama untuk mempelajari pola ‘geng’ tersebut.

Baca Juga: Rafael Beli Rubicon dari Warga Gang Mampang, Ketua RT Ungkap Sosok Pemilik yang Ternyata Hidup Susah

“Saya kan ilmunya rendah. Jadi saya butuh melihat dulu gerakan silatnya kayak apa, sebulan lagi saya baru bisa,” kata Pahala kepada wartawan di Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Pahala memyampaikan setelah KPK berhasil memelajarinya, pihaknya berjanji akan membongkar pola yang dilakukan geng tersebut untuk menyamarkan harta kekayaannya kepada publik.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x