Kompas TV nasional rumah pemilu

Diusung Demokrat Jadi Capres, Anies Puji SBY

Kompas.tv - 2 Maret 2023, 15:17 WIB
diusung-demokrat-jadi-capres-anies-puji-sby
Anies Baswedan di acara Bawa Ide, Rabu (15/2/2023) sekaligus respons terkait dukungan Partai Ummat di Pilpres 2024 (Sumber: Tribunnews/Ibriza)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Bakal capres Anies Baswedan memuji sikap Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY yang selalu konsisten menjaga demokrasi di Indonesia, meski kini sudah tak lagi menjadi penguasa. 

Baca Juga: Di Markas Demokrat, Anies Apresiasi Putusan MK yang Tolak Perpanjangan Masa Jabatan Presiden

Hal itu Anies katakan ketika ia resmi diusung oleh Partai Demokrat sebagai bakal capres di Pilpres 2024 mendatang. 

"Teringat pada masa pak SBY, pada masa Partai Demokrat, konsisten menjadi contoh di dalam menjaga demokrasi, baik saat berada di dalam pemegang kekuasaan, maupun saat menjadi penyeimbang kekuasaan," kata Anies di DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (2/3/2023). 

"Ini tidak lepas barangkali dari sejarah, bahwa beliau pak SBY adalah Presiden Indonesia pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat di dalam sebuah pesta demokrasi tahun 2004 waktu itu," sambungnya. 

Menurut dia, sosok SBY selama ini tak hanya menjaga aturan demokrasi, melainkan juga selalu menjunjung tinggi etika ketika memimpin negeri ini selama dua periode. 

"Dan selama memegang amanah sebagai pemimpin di negeri ini pak SBY bukan hanya menjaga aturan demokrasi, tapi juga menjaga etika demokrasi," ujarnya. 

Selain itu, lanjut Anies, dirinya juga mengapresiasi keputusan SBY yang tak berpihak kepada salah satu calon pada Pilpres 2014 lalu. 

"Menjaga netralitas baik di dalam penegakan hukum, maupun netralitas di dalam proses pergantian kekuasaan," ujarnya. 

Anies menyebut, keputusan SBY untuk memberikan kursi ketua umum kepada Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY merupakan keputusan yang tepat. 

Baca Juga: Pengakuan AHY, Ada SBY di Balik Keputusan Demokrat Akhirnya Dukung Anies Baswedan

"Telah menjadi penerus kepemimpinan resmi Partai Demokrat yang bisa saya sampaikan di tempat ini bahwa Partai Demokrat is in a good hand, Insya Allah ke depan akan terus berada di tangan yang tepat," katanya. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x